Muhammad Aziz Nur Azhar, NIM.: 20104010058 (2024) MANAJEMEN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK PENGUATAN MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA KOLOMBO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MANAJEMEN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK PENGUATAN MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA KOLOMBO SLEMAN)
20104010058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text (MANAJEMEN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK PENGUATAN MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA KOLOMBO SLEMAN)
20104010058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penguatan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti melalui program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) agar berjalan dengan sesuai tujuan maka diperlukan manajemen yang baik. Manajemen tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program gerakan literasi sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan program terdiri dari planning menentukan tujuan program GLS yaitu agar tercapai pemahaman atas materi PAI dan budi pekerti bagi siswa. Penentuan sarana prasarana dan bahan bacaan seperti perpustakaan, e-book, pojok baca, akses internet di perpustakaan, poster ajakan giat literasi dan bahan bacaan harus berkaitan dengan PAI dan budi pekerti. Menentukan komponen literasi seperti literasi dasar, literasi teknologi dan literasi perpustakaan. Organizing yaitu keterlibatan guru PAI dan budi pekerti dengan Tim Literasi Sekolah (TLS), keterlibatan dengan pihak perpustakaan dan pihak waka kurikulum. (2) Pelaksanaan meliputi memberdayakan lingkungan akademik yaitu membaca 15 menit setiap senin hingga jumat. Guru menjelaskan selama 15 menit dengan melibatkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi. Guru melibatkan pembelajaran berbasis HOTS aspek menganalisis (C4) dan menilai (C5) disertai penggunaan 5W1H yaitu what, who, why, when, where dan how. Memberdayakan Lingkungan Fisik Sekolah yaitu membuat karya mading dan pojok baca dan perpustakaan. (3) Evaluasi berdasarkan CIPP yaitu terdiri evaluasi konteks terdiri dari menentukan program, sarana prasarana dan bahan bacaan program, menentukan komponen literasi sekolah. Evaluasi masukan menentukan tim literasi dan keterlibatan guru dengan pihak perpustakaan. Evaluasi proses evaluasi membaca 15 menit, evaluasi mengenai keterlibatan pengetahuan kepada siswa, evaluasi pembelajaran berbasis HOTS dan 5W1H. Evaluasi produk terdiri membuat mading, pojok baca dan perpustakaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | gerakan literasi sekolah; penguatan materi pembelajaran; Budi Pekerti. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374.012 4 Pendidikan dan Literasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 14:07 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 14:07 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66390 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |