PENERAPAN METODE COMMUNICATION ORIENTED UNTUK MELATIH KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA KELAS IV SD NEGERI SEMPU SLEMAN

Siti Nur Janah, NIM.: 20104080022 (2024) PENERAPAN METODE COMMUNICATION ORIENTED UNTUK MELATIH KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA KELAS IV SD NEGERI SEMPU SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE COMMUNICATION ORIENTED UNTUK MELATIH KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA KELAS IV SD NEGERI SEMPU SLEMAN)
20104080022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE COMMUNICATION ORIENTED UNTUK MELATIH KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA KELAS IV SD NEGERI SEMPU SLEMAN)
20104080022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui upaya melatih kepercayaan diri melalui penerapan metode communication oriented pada anak tunagrahita kelas IV SD Negeri Sempu Sleman. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri anak tunagrahita setelah adanya penerapan metode communication oriented di kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif meliputi pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Hubberman. Subjek dalam penelitian ini antara lain guru kelas IV, guru pendamping khusus dan anak tunagrahita kelas IV yang berjumlah satu orang. Dari penelitian ini diharapkan dapat memperoleh informasi dan menambah wawasan mengenai penerapan metode communication oriented dalam melatih kepercayaan diri anak tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode communication oriented dengan peningkatan kepercayaan diri anak tunagrahita kelas IV SD Negeri Sempu Sleman. Penerapan metode communication oriented dalam melatih kepercayaan diri anak tunagrahita kelas IV dilakukan dengan beberapa cara yaitu (1) Evaluasi kebutuhan siswa; (2) Penyesuaian materi; (3) Penggunaan sumber daya dukungan; (4) Pembelajaran berbasis; (5) Keterlibatan orang tua; (6) Lingkungan yang mendukung; (7) Penilaian. Dalam penerapan metode communication oriented tersebut juga dibantu dengan model pembelajaran cooperative learning. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode communication oriented efektif dan berhasil diterapkan dalam melatih kepercayaan diri anak tunagrahita kelas IV SD Negeri Sempu Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Izzatin Kamala, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: communication oriented; kepercayaan diri; Tunagrahita
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Aug 2024 15:38
Last Modified: 08 Aug 2024 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum