IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Iwan Shohib El Hasan, NIM.: 19104010037 (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104010037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104010037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia dewasa ini mulai bergeser dari model konvensional kepada model pembelajaran berbasis Internet. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena maraknya informasi-informasi hoax yang menjangkau berbagai bidang dikehidupan. Salah satu model pembelajaran yang efektif dengan menggunakan gadget sebagai media pembelajaran dan melatih siswa untuk biasa mengakses informasi di Internet secara tepat adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Fikih kelas IX di Madrasah Tsanawiah Negeri 2 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan tringulasi sumber untuk memeriksa kecocokan data yang diperoleh dari beberapa sumber. Lalu teknik analisis data menggunakan proses pengumpulan data, merangkum data, penyajian secara tersusun, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) implementasi model pembelajaran Problem Based Learning yang di lakukan oleh guru fikih sudah sesuai dengan sintaks yang dipaparkan oleh para ahli. (2) Faktor penghambat dalam implementasi ini adalah 1) siswa belum terbiasa dengan metode PBL. 2) siswa masih kesulitan untuk memahami referensi. 3) memakan banyak waktu. Maka dari itu solusi yang diberikan oleh guru fikih untuk mengatasi hal tersebut adalah membiasakan pembelajaran yang bersifat meningkatkan keaktifan siswa untuk belajar dan membimbing siswa dalam mencari referansi yang tepat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Fikih, Pembelajaran Berbasis Internet
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Aug 2024 15:13
Last Modified: 08 Aug 2024 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66402

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum