Zalfa Nadira, NIM.: 20104010055 (2024) POP-UP BOOK MATERI “KETIKA KEHIDUPAN TELAH BERHENTI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA SLOW LEARNER DI SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (POP-UP BOOK MATERI “KETIKA KEHIDUPAN TELAH BERHENTI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA SLOW LEARNER DI SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA)
20104010055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (18MB) | Preview |
|
![]() |
Text (POP-UP BOOK MATERI “KETIKA KEHIDUPAN TELAH BERHENTI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA SLOW LEARNER DI SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA)
20104010055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah hak semua orang tanpa ada alasan mencegahnya untuk memperoleh pendidikan yang layak termasuk bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah inklusi menjadi jawaban pemerintah untuk menempatkan ABK dengan Anak Tanpa Berkebutuhan Khusus (ATBK) dalam wadah pendidikan. Salah satu ABK yang mendapatkan layanan di sekolah inklusi adalah siswa slow learner. Siswa slow learner menghadapi kesulitan pemahaman konsep abstrak. Hal ini bertentangan dengan mata pelajaran PAI-BP dengan berbagai materi yang bersifat abstrak. Sedangkan pendidikan agama sangat penting untuk dikenalkan sebagai pedoman hidup dengan kekhususan yang dimiliki tiap ABK. SD Negeri Giwangan selama ini hanya mengandalkan media pembelajaran PowerPoint dan video pembelajaran untuk menerjemahkan konsep abstrak materi PAI-BP. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjebatani kesenjangan pembelajaran PAI-BP melalui pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book materi “Ketika Kehidupan Telah Berhenti” bagi siswa slow learner di SD Negeri Giwangan, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D) (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang terdiri atas tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Namun, peneliti membatasi hanya tahap Define, Design, dan Development. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Media pembelajaran pop-up book memperoleh penilaian kelayakan dari segi materi sebesar 4,65 yang berkategori Baik (B), kelayakan dari segi media sebesar 4,95 yang berkategori Sangat Baik (SB), dan kelayakan dari segi peer reviewer sebesar 4,88 yang berkategori Sangat Baik (SB); 2) Media pembelajaran pop-up book memperoleh penilaian kelayakan dengan rata-rata nilai sebesar 4,83 yang berkategori Sangat Baik (SB); 3) Media pembelajaran pop-up book memperoleh kepraktisan sebesar 4,85 dengan kategori Sangat Baik (SB); 4) Media pembelajaran pop-up book memperoleh repon siswa slow learner dengan nilai rata-rata 95% dengan kategori Positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Pop-Up Book, Siswa Slow Learner |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 09:04 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 09:04 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66408 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |