PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA N 1 SEWON KABUPATEN BANTUL

Nurliana Imroatun Hasanah, NIM.: 20104010066 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA N 1 SEWON KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA N 1 SEWON KABUPATEN BANTUL)
20104010066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA N 1 SEWON KABUPATEN BANTUL)
20104010066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi berkembang sangat pesat. Akses Internet yang lebih cepat dan lebih terjangkau memungkinkan pembelajaran di sekolah meningkat. Pengguna dapat mengakses data dan aplikasi dari berbagai perangkat dengan mudah. Namun, berdampak buruk apabila digunakan dengan tidak semestinya. Oleh karena itu, pembelajaran di sekolah harus memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satunya yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kelayakan produk berdasarkan para ahli dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4 D (define, design, development, and dessiminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X 1 di SMA N 1 Sewon Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian komik digital menunjukkan skor rata rata dari ahli media adalah 3,50 dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan skor rata rata 3,73 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian uji coba produk memperoleh skor rata rata 3,32 dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hal tersebut komik digital dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam membantu belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Komik Digital, Media Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2024 09:07
Last Modified: 09 Aug 2024 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum