Nurmalia Ahsani, NIM.: 20104080043 (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SDN SLEMAN 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SDN SLEMAN 1)
20104080043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SDN SLEMAN 1)
20104080043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran mata pelajaran matematika materi perkalian soal cerita di SDN Sleman 1, mengetahui kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita perkalian dan mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita perkalian di kelas II SDN Sleman 1. Metode penelitian yang digunakan yaitu diskriptif kualitatif yang berbentuk teks diskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 4 teknik yaitu observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi. Tes terdiri dari soal cerita matematika yang dikerjakan oleh seluruh siswa kelas II SDN Sleman 1 yang berjumlah 29 orang. Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajran di SDN Sleman 1 sudah dilakukan sesuai dengan aturan atau acuan yang sudah tersedia dari proses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Kemudian untuk kesulitan belajar yang dialami siswa antara lain 6 siswa mengalami kesulitan belajar dalam menerjemahkan soal cerita, 2 siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan rumus yang sesuai dengan soal, 12 siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan sifat operasi hitung perkalian, 6 siswa mengalami kesulitan tidak menyelesaikan perhitungan, 6 siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan data, dan 3 siswa mengalami kesulitan dalam menarik kesimpulan di akhir pengerjaan. Selanjutnya faktor yang menyebabkan kesulitan belajar dibagi menjadi dua yakni internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi yakni tidak memahami materi atu permasalahan dalam materi soal cerita perkalian, kurangnya keterampilan operasi hitung perkalian, terlambatnya konsentrasu atau mudah hilang konsentrasi saat pembelajaran. Sedangkan faktor eksternalnya adalah kurangnya pendampingan orang tua dan kurang tenang atau kondusif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing:Luluk Mauluah, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar; kemampuan pemahaman; soal cerita; perkalian |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374.012 4 Pendidikan dan Literasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 09:12 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 09:12 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66420 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |