Nurfitria Hidayati, NIM.: 22204021002 (2024) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB “MAHIR BERBAHASA ARAB” MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI LEMBAGA NAATIQ INTERNASIONAL ARABIYYAH PARE KEDIRI JAWA TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB “MAHIR BERBAHASA ARAB” MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI LEMBAGA NAATIQ INTERNASIONAL ARABIYYAH PARE KEDIRI JAWA TIMUR)
22204021002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB “MAHIR BERBAHASA ARAB” MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI LEMBAGA NAATIQ INTERNASIONAL ARABIYYAH PARE KEDIRI JAWA TIMUR)
22204021002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Lembaga Naatiq Internasional Arabiyyah merupakan pendidikan non formal yang menyelenggrakan khursus bahasa Arab dengan waktu yang fleksibel, mudah serta cepat. Lembaga tersebut menyelenggarakan program pembelajaran bahasa Arab hanya dalam waktu 3 bulan. Dengan diselenggarakannya program pembelajaran bahasa Arab di lembaga ini, menunjukkan bahwa Naatiq melakukan upaya serius dalam meningkatkan sistem dan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Namun, upaya ini tidak sepenuhnya berhasil dilakukan dalam mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan oleh peserta didik Kondisi ini dapat ditunjukkan dalam bentuk observasi awal yang dilakukan oleh peneliti. Maka dari itu perlu adanya evaluasi program pembelajaran menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana evaluasi program pembelajaran bahasa Arab “mahir berbahasa Arab) menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) di lembaga Naatiq Internasional Arabiyyah Pare Kediri Jawa Timur. Untuk mengetahui bagaimana efektifitas program pembelajaran bahasa Arab “mahir berbahasa Arab” di lembaga Naatiq Internasional Arabiyyah Pare Kediri Jawa Timur. Penelitian ini adalah penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian kualitatif dan kuantatif (mixed method). Penelitian menggunakan metode true eksperimental desain dengan desain posttest only control design. Untuk mengetahui evaluasi program menggunakan jenis penelitian kualitatif dan data penelitian dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui efektifitas program menggunakan jelas penelitian kuantitatif dan data penelitian dikumpulkan menggunakan tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Kemudian nilai post-test kelas eksperimen dan kelas control dianalisis dengan menggunakan uji independent sample T-test dan uji N-Gain Score menggunakan bantuan IBM SPSS Statistik 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tujuan program pembelajaran di lembaga tersebut berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana yang telah disepakati sebelumnya. Setelah melakukan evaluasi, peneliti menemukan hal yang harus dievaluasi dari program tersebut yaitu evaluasi dari sarana prasarana, pengajar dan bahan ajar. 2) program ini cukup efektif untuk digunakan kepada peserta didik dengan nilai signifikansi uji independent sample Ttest sebesar 0,000 dan uji N-Gain Score dengan nilai mean sebesar 0,5611 atau 56%.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I |
| Uncontrolled Keywords: | CIPP (Context, Input, Process, Product), Kursus Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Arab |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 09 Aug 2024 16:00 |
| Last Modified: | 09 Aug 2024 16:00 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66438 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
