Rahil Ayu Na Ziihah, NIM.: 22204021003 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN CBI (CONTENT BASED INSTRUCTION) BAGI SISWA DIFABEL NETRA DI MTs. LB YAKETUNIS YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN CBI (CONTENT BASED INSTRUCTION) BAGI SISWA DIFABEL NETRA DI MTs. LB YAKETUNIS YOGYAKARTA)
22204021003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN CBI (CONTENT BASED INSTRUCTION) BAGI SISWA DIFABEL NETRA DI MTs. LB YAKETUNIS YOGYAKARTA)
22204021003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam proses pembelajaran bahasa Arab siswa difabel netra, mereka mengalami beberapa kendala dan kesulitan dari faktor linguistik dan non linguistik, salah satunya adalah tidak tersedianya media pembelajaran yang aksisebel bagi siswa penyandang difabel netra, juga beberapa materi yang tidak relevan dengan keadaan siswa. Hal ini menjadi sebuah hambatan bagi peserta didik dalam mempelajari bahasa Arab. Maka dari itu perlu adanya media pembelajaran bagi penyandang difabel netra dengan materi dan pendekatan integratif dan menyesuaikan kemampuan serta keadaan siswa yaitu pendekatan CBI (Content Based Instruction), sebuah pendekatan dalam pembelajaran bahasa asing yang mengintegrasikan antara materi bahasa di kelas regular dan penggunaan bahasa asing pada kehidupan nyata. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana konsep dan desain pengembangan media pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan CBI bagi siswa difabel netra di MTs. LB Yaketunis Yogyakarta dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas media tersebut. Penelitian ini adalah penelitian research and development dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengujian kelayakan aplikasi dilakukan dengan meminta saran kepada ahli materi dan ahli media. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas aplikasi peneliti implementasikan produk kepada siswa kelas 8. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, angket, wawancara,observasi dan dokumentasi. Kemudian nilai pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan uji paired sampel T-Test dan uji N-Gain score menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengembangan media pembelajaran bahasa Arab ini menghasilkan aplikasi pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan CBI dan metode deduktif untuk menyampaikan materinya. Aplikasi ini dapat dibuka pada perangkat android. Materi dalam aplikasi terdiri dari 3 bab, pada setiap babnya terdiri dari qawaid dan tarkib, kosakata dan contoh kalimat, konten pembelajaran serta latihan soal yang disajikan dengan bahasa Arab dan bahasa Indonesia. 2) Aplikasi ini cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab dengan nilai signifikansi uji sampel paired T-test sebesar 0,000 dan hasil uji N-Gain score dengan nilai mean sebesar 0,5765 atau 57,65%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Bahasa Arab, Pendekatan CBI (Content Based Instruction), Difabel Netra |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 16:05 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 16:05 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66439 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |