PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MOBILE LEARNING BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF PADA KELAS VII MTSN 1 KENDARI

Zahra Shafirah Ambo, NIM.: 22204021024 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MOBILE LEARNING BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF PADA KELAS VII MTSN 1 KENDARI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MOBILE LEARNING BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF PADA KELAS VII MTSN 1 KENDARI)
22204021024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MOBILE LEARNING BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF PADA KELAS VII MTSN 1 KENDARI)
22204021024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya ketersediaan media pembelajaran di sekolah membuat guru kesulitan dalam proses belajar mengajar. Guru hanya melakukan pembelajaran secara konvensional. Sehingga, para siswa merasa sulit dan kurang berminat dalam pembelajaran bahasa Arab. Pada era digital saat ini, jarang ada siswa yang tidak memiliki fasilitas seperti komputer atau smartphone. Maka dari itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran menggunakan perangkat lunak dengan pendekatan tematik integratif. Proses pembelajaran di kelas fokus pada kemampuan siswa untuk menghafal, otak siswa harus terus menerus mengingat dan menimbun berbagai data tanpa harus memahami informasi tersebut agar dapat digunakan dalam kehidupan setiap hari. Dengan tematik integratif, mendorong siswa untuk berpikir kritis, membuat koneksi antar pengetahuan, dan mengembangkan keterampilan berpikir lintas mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran bahasa Arab mobile learning berbasis tematik integratif pada kelas VII MTsN 1 Kendari. Serta mengevaluasi efektivitas media tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan pendekatan kuantitatif. Uji kelayakan media dilakukan melalui konsultasi dengan ahli materi dan ahli media. Untuk menilai efektivitas media, produk tersebut diimplementasikan kepada siswa kelas 7 digitalisasi. Data dikumpulkan melalui tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Nilai pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji paired sample T-Test dan uji N-Gain score dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pengembangan media ini menghasilkan aplikasi pembelajaran bahasa Arab berbasis tematik integratif. Pada media terdiri dari 6 bab materi yang mencakup maharah istima’, maharah qiro’ah wal kalam, hiwar, dan tamrin. Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat android dan laptop. Dari uji efektifitas menunjukkan bahwa aplikasi ini mendapatkan kategori cukup efektif dengan nilai signifikansi uji paired sample T-Test sebesar 0.000 dan hasil uji N-Gain score dengan nilai mean sebesar 0.6884 atau 68%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Mobile Learning, Tematik Integratif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2024 16:08
Last Modified: 09 Aug 2024 16:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum