KONSELING MULTIKULTURAL LINTAS AGAMA DI SMP MITRA PATRANG KABUPATEN JEMBER

Bahrul Ulum Zuhri, NIM.: 22200011090 (2024) KONSELING MULTIKULTURAL LINTAS AGAMA DI SMP MITRA PATRANG KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING MULTIKULTURAL LINTAS AGAMA DI SMP MITRA PATRANG KABUPATEN JEMBER)
22200011090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSELING MULTIKULTURAL LINTAS AGAMA DI SMP MITRA PATRANG KABUPATEN JEMBER)
22200011090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan konseling lintas agama menjadi isu yang sangat menarik. Hal ini dikarenakan dalam penerapannya konselor diharuskan untuk memahami individu yang memiliki keragaman baik pada segi etnik, ras, suku, agama maupun budaya. Memahami keberagaman tersebut bukan menjadi hal yang mudah, diperlukan suatu sikap toleransi pada saat proses bimbingan konseling lintas agama. Salah satu potret mengenai bimbingan konseling yang berwawasan lintas agama dalam penerapan sikap toleransi terjadi di SMP Mitra Patrang. Hal inilah yang menjadi latar belakang penulisan tesis ini terkait memahami sikap toleransi dalam bingkai praktik konselor dalam bimbingan konseling lintas agama. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang sifatnya penelitian lapangan (Field Reasearch), dengan menggunakan penedekatan fenemenologi untuk memahami makna toleansi dalm bingkai bimbingan konseling lintas agama. Teknik dalam menentukan subjek penlitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun kreteria dalam memilih responden dalam penelitian ini adalah : Dua Konselor atau guru bimbingan konseling dan 4 Siswa di SMP Mitra Patrang yang memiliki latar belakang agama yang berbeda yakni Islam, Hindu, Katolik dan Kristen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif Miles dan Huberman serta validitas data menggunakan triagulasi. Dilihat adanya keberagaman agama dan budaya tersebut mengadopsi pemahaman bahwa individu harus dihargai untuk menciptakan suasana bimbingan dan konseling yang nyaman dan efektif. Adapun layanan yang diberikan berupa layanan klasikal, layanan bimbingan individual dan layanan bimbingan kelompok, alih tangan kasus, home visit dan sebagainya. Dalam melaksanakan layanan konseling multikultural sangat strategis. Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru BK/konselor untuk melaksanakan konseling yang multikultural yaitu melalui pendekatan konseling eklektik. Pendekatan ini berusaha menyelidiki berbagai sistem metode, teori, atau doktrin yang dimaksudkan untuk memahami dan bagaimana menerapkannya dalam situasi yang tepat. Observasi yang dilakukan penulis terkait konseling multikultural di SMP Mitra Patrang berdampak positif terhadap peserta didik akibat treatment yang telah dilakukan oleh konselor seperti : 1. Relasi dengan teman semakin membaik dan semakin akrab. 2. Peserta didik mampu mengontrol dirinya. 3. Menjadi lebih percaya diri karena tidak ada deskriminasi dan intimindasi. 4. Memperoleh pemahaman baru tentang multikultural sehingga memiliki sikap adaptif. 5. Semakin semangat dalam proses belajar dan pengembangan terhadap potensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Ro’fah, M.S.W., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Praktik Konseling, Konseling Multikultural Lintas Agama, Pendekatan Eklektik
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Aug 2024 11:25
Last Modified: 13 Aug 2024 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66471

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum