PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KORPUS LINGUISTIK UNTUK SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK Al-HUDA MAGELANG

Nurani Tri Ardianingtyas, NIM.: 21204022015 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KORPUS LINGUISTIK UNTUK SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK Al-HUDA MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KORPUS LINGUISTIK UNTUK SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK Al-HUDA MAGELANG)
21204022015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KORPUS LINGUISTIK UNTUK SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK Al-HUDA MAGELANG)
21204022015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh ketidaksesuaian materi ajar yang disampaikan di kelas dengan kebutuhan khusus siswa jurusan tata busana dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab masih dalam tahapan pemula yang memulai pembelajaran bahasa Arab. Sebagai siswa pemula, mereka memerlukan pendekatan pembelajaran yang memadai dan materi ajar yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan kemampuan mereka. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar cetak, dikarenakan siswa tidak diperbolehkan menggunakan alat elektronik, dan juga populasi siswa nya 70% di asrama, 30% sisanya melakukan perjalanan PP. Sehingga dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar bahasa Arab dengan korpus linguistik untuk siswa jurusan Tata Busana SMK Al-Huda. 2) Untuk mengetahui efektivitas bahan ajar bahasa Arab dengan korpus linguistik untuk siswa jurusan Tata Busana SMK Al-Huda. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas bahan ajar ini, peneliti menggunakan jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Al-Huda Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Uji analisis data menggunakan uji Paired Sample t-test dan uji N-Gain Score dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian ini adalah: 1) pengembangan bahan ajar Arab untuk siswa jurusan tata busana SMK Al-Huda Magelang yang berjumlah 4 bab dengan menggunakan korpus linguistik yang didesain sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. 2) Hasil pengembangan bahan ajar Arab ini di analisis dengan menggunakan uji analisis SPSS dan penjabaran terkait respon siswa, adapun hasil uji analisis sample t-test sebesar 0,000 dan N-Gain Score sebesar 0,61 atau 61% dengan kategori “Cukup efektif”. Begitu pula dengan respon siswa menunjukkan bahwa persentase sebesar 90% dengan kategori ‘Sangat Baik”. Beberapa implikasi dari penelitian ini adalah 1) penelitian ini berkontrubusi untuk pembelajaran bahasa Arab terlebih untuk siswa jurusan Tata Busana agar pembelajaran lebih efektif dan efisien, 2) penelitian ini memberikan pengetahuan baru bahwasanya penggunaan Korpus Linguistik mampu membuat bahan ajar yang lebih terfokus dan terarah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Tata Busana, Bahan Ajar, Korpus Linguitik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Aug 2024 10:40
Last Modified: 19 Aug 2024 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum