PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (SEBAR) BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI SMPIT AL-AULIYA BALIKPAPAN

Hibatul Wafi, NIM.: 22204021005 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (SEBAR) BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI SMPIT AL-AULIYA BALIKPAPAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (SEBAR) BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI SMPIT AL-AULIYA BALIKPAPAN)
22204021005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (SEBAR) BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI SMPIT AL-AULIYA BALIKPAPAN)
22204021005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VII SMPIT Al-Auliya Balikapapan. Kebanyakan siswa tidak memahami materi yang dipelajarinya. Hal tersebut terjadi karena media pembelajaran yang digunakan hanya terfokus pada buku ajar, yaitu buku pelajaran bahasa terbitan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor. Adapun, semua materi di dalamnya ditulis dalam bahasa Arab sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami pelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancangan pengembangan media pembelajaran bahasa Arab (SEBAR) berbasis articulate storyline pada siswa kelas VII di SMPIT Al-Auliya Balikapapan. (2) mendeskripsikan keefektivitasan media pembelajaran bahasa Arab (SEBAR) berbasis articulate storyline pada siswa kelas VII di SMPIT Al-Auliya Balikapapan. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Adapun, subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab dan 20 siswa kelas VII yang dipilih dengan cara menggunakan purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Selanjutnya, sumber data primer dari penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara, angket kuesioner, dan tes. Adapun, sumber sekunder didapatkan melalui berbagai literatur, seperti buku dan artikel yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab (SEBAR) berbasis articulate storyline dilakukan melalui lima tahapan berdasarkan model ADDIE yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). (2) Berdasarkan hasil uji paired sample T-test pada analisis angket pre dan post-test diperoleh nilai sebesar 0,000 (0,000), artinya nilai siginfikan (>0,05). Dari hasil tersebut terdapat perbedaan yang positif dan penting dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab (SEBAR) berbasis articulate storyline pada siswa kelas VII. Selain itu, berdasarkan perhitungan uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,5746 atau 57,46%. Oleh karena itu, diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran bahasa Arab (SEBAR) berbasis articulate storyline pada siswa kelas VII di SMPIT Al-Auliya Balikpapan “cukup efektif”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Siswa Kelas Vii, Smpit Al-Auliya Balikpapan, Articulate Storyline
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Aug 2024 11:01
Last Modified: 20 Aug 2024 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66614

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum