PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI VIRUS UNTUK KELAS X SMA/MA

Darin Hana Masithoh, NIM.: 20104070004 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI VIRUS UNTUK KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI VIRUS UNTUK KELAS X SMA/MA)
20104070004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI VIRUS UNTUK KELAS X SMA/MA)
20104070004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan bahan ajar biologi berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses cara mengembangkan bahan ajar e-modul berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) menggunakan canva pada materi pokok virus untuk siswa kelas X SMA/MA, 2) mengetahui kualitas bahan ajar e-modul berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) menggunakan canva pada materi pokok virus untuk Kelas X SMA/MA, 3) mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar e-modul berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) menggunakan canva pada materi virus untuk kelas X SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Namun pada penelitian ini dilakukan hanya pada tahap Develop. E-modul dinilai menggunakan instrument berupa lembar angket yaitu lembar angket penilaian ahli, peer reviewer, guru biologi dan respon peserta didik. Subjek pada penelitian ini adalah 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi dan 15 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Depok, sedangkan objek pada penelitian ini yaitu e-modul biologi berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) pada materi virus. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini berupa: 1) produk e-modul biologi berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) berbantuan aplikasi canva pada materi virus untuk kelas X SMA/MA, 2) kualitas e-modul biologi berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) berbantuan aplikasi canva pada materi virus untuk kelas X SMA/MA termasuk dalam kategori ”Sangat Baik” dengan persentase keidealan 83.3% dari ahli materi, 83.57% dari ahli media, 92% dari peer reviewer dan 100% oleh guru biologi. Respon dari 15 peserta didik terhadap e-modul menunjukkan kategori ”Sangat Setuju” dengan persentase keidealan sebesar 92%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: E-Modul; Socio-Scientific Issue (SSI); Canva; Virus
Subjects: 500 Sains Murni > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Sep 2024 14:14
Last Modified: 05 Sep 2024 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66771

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum