EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR

Rinda Rosyida Nafi’ah, NIM.: 20104050038 (2024) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR)
20104050038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR)
20104050038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyebab sulitnya pembelajaran fisika, permasalahannya terletak pada menurunnya motivasi belajar siswa. Agar siswa dapat secara sadar memperoleh pengetahuan sesuai dengan kebutuhannya sendiri, maka terlebih dahulu memperhatikan pentingnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Salah satu solusi untuk mengatasi rendahnya motivasi siswa adalah dengan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk Mengetahui efektivitas PBL terhadap kemandirian belajar siswa pada materi bumi dan tata surya Pada penelitian ini digunakan pendekatan pra-eksperimental dengan desain one-group pre-test and post-test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling karena penelitian ini mempertimbangkan sifat populasi dan kriteria sampel yang diperlukan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen instrumen non tes berupa angket kemandirian belajar 14 butir dan Angket Gaya belajar 10 butir. Instrumen ini telah divalidasi oleh 4 validator ahli dari Dosen UIN Sunan Kalijaga Efektifitas PBL berdifirensiasi terhadap kemandirian belajar dapat diketahui dengan menggunakan uji N-gain dan Effect size dari hasil angket kemandirian belajar yang telah disebar. Dari hasil Ngain diperoleh skor 38,19 Termasuk dalam kategori sedang dan hasil effect size sebesar 1,60 Tergolong kategori tinggi. Sehingga model pembelajaran Problem Based Learning berdifirensiasi efektif terhadap kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:Ari Cahya Mawardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Differentiated Problem Based Learning; Learning Independence; Effectiveness; Learning Style; Earth; Solar System
Subjects: 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:09
Last Modified: 06 Sep 2024 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum