EFEKTIVITAS VIDEO VISUAL DILENGKAPI FREE BODY DIAGRAM (VV-FBD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON

Ahmad Fitriadi, NIM.: 20104050016 (2024) EFEKTIVITAS VIDEO VISUAL DILENGKAPI FREE BODY DIAGRAM (VV-FBD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS VIDEO VISUAL DILENGKAPI FREE BODY DIAGRAM (VV-FBD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON)
20104050016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS VIDEO VISUAL DILENGKAPI FREE BODY DIAGRAM (VV-FBD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON)
20104050016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi menjadi salah satu upaya inovasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Pembelajaran fisika yang cenderung konseptual dan berstigma sukar untuk dipahami perlu adanya penyikapan terhadap hal itu. Penulis melakukan upaya penelitian terhadap media pembelajaran video visual dilengkapi free body diagram yang merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi hukum Newton kepada siswa kelas XI. Tujuan penelitian untuk (1) Mengetahui efektivitas video visual dilengkapi free body diagram terhadap peningkatan kemampuan multi representasi siswa pada materi hukum Newton kelas XI di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. (2) Mengetahui besar peningkatan kemampuan multi representasi siswa pada materi hukum Newton sesudah menggunakan video visual dilengkapi free body diagram. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Populasinya adalah siswa kelas XI MIPA, dengan sampel 66 siswa: 33 siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media video visual, dan 33 siswa di kelas kontrol tanpa media tersebut. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan uji t-test dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media video visual dengan free body diagram efektif meningkatkan kemampuan multirepresentasi siswa. Uji T-Test dan N-Gain menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai signifikansi 0,02. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata N-Gain 37,19% untuk konsistensi representasi dan 37,23% untuk konsistensi ilmiah, keduanya dalam kategori sedang, sementara kelas kontrol hanya mencapai 22,46% dan 25,70%, yang termasuk kategori rendah. (2) Hasil akhir menunjukkan bahwa media pembelajaran video visual dengan free body diagram lebih efektif dalam pembelajaran hukum Newton untuk siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Joko Purwanto, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Video; Free Body Diagram; Multi Representation; Newton's Law
Subjects: 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:11
Last Modified: 06 Sep 2024 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66777

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum