PENGEMBANGAN MODUL AJAR (MA) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP/MTS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Tania Sekar Pramanatha, NIM.: 20104040043 (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR (MA) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP/MTS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR (MA) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP/MTS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR)
20104040043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR (MA) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP/MTS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR)
20104040043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran berupa Modul Ajar (MA) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menghasikan produk berupa Modul Ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini menggunakan metode research and development dengan menggunakan model penggembangan ADDIE. Tahap-tahap pengembangan dalam penelitian ini adalah tahap analisis (analyze), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evalusi (evaluation). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan meliputi lembar skala penilaian modul ajar, lembar skala respon peserta didik, dan lembar soal penilaian akhir materi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualititaf dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa 1) MA berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar berhasil dikembangkan melalui lima tahapan pengembangan model ADDIE; 2) MA yang dikembangkan mendapatkan kualitas penilaian sangat baik dengan memperoleh skor rata-rata 221,67. Respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan MA mendapatkan penilaian positif dengan skor rata-rata 64,87 serta sebanyak 66,67% peserta didik dapat mencapai hasil kriteria minimal yang ditentukan, yaitu 61; 3) MA berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar yang dikembangkan telah mendapatkan penilaian valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Nidya Ferry Wulandari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: modul ajar; realistic mathematics education;kemampuan komunikasi matematis.
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:34
Last Modified: 06 Sep 2024 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66779

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum