PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN KONTEKS ISLAMIC CULTURE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK

Ulya Shofirotur Rohmah, NIM.: 20104040015 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN KONTEKS ISLAMIC CULTURE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN KONTEKS ISLAMIC CULTURE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK)
20104040015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN KONTEKS ISLAMIC CULTURE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK)
20104040015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB) | Request a copy

Abstract

Penelitianْ iniْ bertujuanْ untukْ mengembangkanْ Lembarْ Kerjaْ Pesertaْ Didikْ (LKPD)ْ berbasisْ RMEْ denganْ konteksْ islamic culture untukْ memfasilitasiْ kemampuanْ numerasiْ pesertaْ didikْ padaْ materiْ aljabarْ yangْ valid,ْ praktis,ْ danْ efektif.ْ Produkْ yangْ dikembangkanْ berupaْ Lembarْ Kerjaْ Pesertaْ Didikْ (LKPD)ْ berbasisْ RMEْ denganْ konteksْ islamic cultureْ padaْ materiْ aljabarْ yangْ memenuhiْ kriteriaْ kelayakanْ valid,ْ praktis,ْ danْ efektifْ untukْ memfasilitasiْ kemampuanْ numerasiْ pesertaْ didik.ْ Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze – Design – Develop – Implement – Evaluate). Subjek uji coba produk untuk penilaian LKPD ini terdiri dari tiga ahli, dan peserta didik kelas VII E MTs Raudlatul Ulum tahun ajaran 2024/2025. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) LKPD berbasisْ RMEْ denganْ konteksْ islamic culture untuk memfasilitasi kemampuan numerasi peserta didik dikembangkan dengan 5 tahap pengembangan menurut ADDIE yaitu tahap analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Develop), implementasi (Implement), dan evaluasi (Evaluate). Tahap awal dalam pengembangan dilakukan analisis kebutuhan, karakteristik dan kurikulum. Selanjutnya disusun desain produk dan dilakukan pengembangan produk sesuai desain. Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi dan diujicobakan kepada peserta didik untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Tahap terakhir adalah evaluasi untuk menentukan kelayakan produk; 2) kualitas LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata sebesar 282,5ْ dan memperoleh kriteria sangat baik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan LKPD ini memperoleh nilai rata-rata 63,37ْ dengan persentase kepraktisan sebesar 79,21%ْ sehingga LKPD ini dinyatakan praktis. Hasil tes kemampuan numerasi diperoleh persentase ketuntasan peserta didik sebesar 71,43%ْ dariْ totalْ pesertaْ didikْ yangْ adaْ dan dinyatakan efektif. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan numerasi peserta didik materi aljabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurulْ Arfinanti,ْ S.Pd.,ْ Si.,ْ M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKPD; RME; Islamic Culture; Kemampuan Numerasi
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:47
Last Modified: 06 Sep 2024 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66795

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum