Aditya Dwi Saputro, NIM.: 20104010088 (2024) DIGITALISASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (SDICT) AL-ABIDIN SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (DIGITALISASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (SDICT) AL-ABIDIN SURAKARTA)
20104010088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
Text (DIGITALISASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (SDICT) AL-ABIDIN SURAKARTA)
20104010088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan zaman saat ini telah mempengaruhi pendidikan, dan menjadikan banyak generasi yang mahir menggunakan teknologi. Sementara itu, pemerintah juga mendorong digitalisasi pendidikan untuk meningkatkan efisiensi dalam pembelajaran. Salah satu sekolah yang telah menerapkan digitaliasi pembelajaran adalah SDICT (Sekolah Dasar Information and Communication Technology) Al-Abidin Surakarta meski menghadapi beberapa kendala. Program unggulan SDICT Al-Abidin Surakarta yaitu menggabungkan pelajaran konvensional dengan teknologi dengan mempersiapkan siswa untuk dapat mengakses digitalisasi pembelajaran. Program tersebut menarik meskipun memerlukan pendampingan dari guru dan orang tua sessuai dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang lingkup perancangan serta pelaksanaan digitalisasi pembelajaran di SDICT Al-Abidin Surakarta. Jenis penelitian ini adalah field research atau lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara serta dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini yaitu, wakil kepala kurikulum, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa, serta kepala sekolah SDICT Al-Abidin Surakarta. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perancangan digitalisasi pembelajaran PAI di SDICT Al-Abidin Surakarta merupakan integrasi teknologi dalam pembelajaran PAI menggunakan perangkat digital dan platform e-learning untuk menciptakan materi yang interaktif dan dinamis dalam perancangan ini guru PAI SDICT Al-Abidin Surakarta merancang digitalisasi pembelajaran dalam pemanfaatan, pengelolaan, pengembangan, penilaian dan bentuk pembelajaran dengan baik sehingga dapat diimplementasikan secara optimal . 2) Pelaksanaan digitalisasi pembelajaran PAI di SDICT Al-Abidin Surakarta berjalan efektif dengan peningkatan efisiensi, relevansi, dan fleksibilitas, didukung oleh pengelolaan yang baik dan pelatihan guru. Hal ini karena setiap guru PAI memperhatikan pemanfaatan, pengelolaan, pengembangan, penilaian dan bentuk pembelajaran dengan baik. 3) Persepsi guru dan siswa dalam digitalisasi pembelajaran PAI di SDICT Al-Abidin Surakarta, bahwa dari sisi guru dan siswa memiliki persepsi positif, menganggap teknologi memudahkan penyampaian materi, meningkatkan keterlibatan, dan memberikan fleksibilitas dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Digitalisasi; PAI; Teknologi Pembelajaran; akhlak |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 13:52 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 13:52 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66806 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |