PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Nely Anggraeni Ayuningtiyas, NIM.: 20104010064 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN TAHUN AJARAN 2023/2024)
20104010064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN TAHUN AJARAN 2023/2024)
20104010064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Fikih merupakan ilmu yang mempelajari bermacam-macam syari’at dan aturan hidup manusia. Tentunya akan selalu muncul masalah dan banyak perbedaan pendapat yang membutuhkan kecermatan dalam memahaminya. Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan karena dengan berpikir kritis kita mampu melihat masalah dari perspektif yang berbeda dan menemukan solusi yang lebih baik. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melatih siswa untuk berpikir kritis, analitis, sistematis, dan logis untuk menemukan pemecahan suatu masalah. Tingkat berpikir kritis siswa kelas XI MA Wathoniyah Islamiyah (MA WI) Kebarongan masih rendah karena siswa cenderung menghafal materi yang ada di buku saja dan siswa belum terlatih untuk menganalisis suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Fikih dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MA Wathoniyah Islamiyah Kebarongan dan apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Fikih menimbulkan proses berpikir kritis siswa kelas XI MA Wathoniyah Islamiyah Kebarongan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Fikih dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI di MA WI Kebarongan telah sesuai dengan langkah-langkah dan karakteristik model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu pembelajaran berpusat pada siswa. Guru sebagai fasilitator menyajikan permasalahan dunia nyata serta membimbing siswa agar aktif dalam pembelajaran. 2) Proses berpikir kritis ditemukan peneliti dalam enam kegiatan. Kegiatan interpretasi (menyampaikan), analisis, dan inferensi (menarik kesimpulan) terjadi pada proses diskusi. Sedangkan kegiatan menjelaskan, evaluasi, dan self regulation (pengaturan diri) terjadi pada proses presentasi. Kegiatan yang paling terlihat dari enam kegiatan berpikir kritis tersebut adalah kegiatan interpretasi (menyampaikan). Sedangkan kegiatan yang masih kurang adalah dalam hal evaluasi dan self regulation (pengaturan diri).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL); Keterampilan Berpikir Kritis; Fikih
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2024 14:20
Last Modified: 06 Sep 2024 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66808

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum