Gaizka Adi Surya Nugraha, NIM.: 20104010042 (2024) PERAN ORGANISASI KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DALAM MEMBENTUK RELIGIOSITAS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 GEMOLONG SRAGEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERAN ORGANISASI KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DALAM MEMBENTUK RELIGIOSITAS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 GEMOLONG SRAGEN)
20104010042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (PERAN ORGANISASI KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DALAM MEMBENTUK RELIGIOSITAS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 GEMOLONG SRAGEN)
20104010042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah ketika terdapat tantangan dalam pembentukan religiositas peserta didik karena waktu pembelajaran yang terbatas untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah negeri. Selain itu, pengajaran agama seringkali lebih fokus pada hafalan daripada praktik nilai-nilai agama. Guna mengatasi masalah ini, organisasi Kerohanian Islam (ROHIS) di sekolah tersebut berperan penting dalam membentuk religiositas peserta didik melalui kegiatan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui religiositas peserta didik dan mendalami peran ROHIS dalam membentuk religiositas peserta didik di SMA Negeri 1 Gemolong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah Pembina Organisasi ROHIS, Ketua ROHIS, Pengurus ROHIS, dan peserta didik SMA Negeri 1 Gemolong. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Meskipun terdapat kemerosotan religiositas dikalangan peserta didik SMA Negeri 1 Gemolong. Pengurus ROHIS dan guru selalu berupaya membentuk religiositas peserta didik. Upaya ini memberikan dampak yang positif dimana peserta didik yang awalnya enggan melaksanakan ibadah menjadi lebih rajin dan antusias mengikuti kegiatan keagamaan. (2) ROHIS di SMA Negeri 1 Gemolong memiliki peran yang sangat vital dalam membentuk religiositas peserta didik melalui program kerja yang terstruktur, kegiatan dakwah di media sosial, dan dukungan dari pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing:Dr. Akhmad Sholeh, S. Ag., M. Si |
Uncontrolled Keywords: | Kerohanian Islam; Religiositas; Peserta Didik |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 14:26 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 14:26 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66809 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |