PERSEPSI DAN KONTRIBUSI FASILITAS INTERNET SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 SEWON, BANTUL

Agung Prasetyo, NIM.: 20104010032 (2024) PERSEPSI DAN KONTRIBUSI FASILITAS INTERNET SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 SEWON, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI DAN KONTRIBUSI FASILITAS INTERNET SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 SEWON, BANTUL)
20104010032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI DAN KONTRIBUSI FASILITAS INTERNET SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 SEWON, BANTUL)
20104010032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu di era digital seluruh aspek kehidupan telah menggunakan teknologi digital termasuk pada aspek pendidikan. Internet tidak hanya menyediakan akses ke berbagai sumber informasi dan bahan ajar, tetapi juga memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi antara pendidik dan peserta didik. Namun, keberhasilan integrasi internet dalam sistem pendidikan sangat bergantung pada bagaimana layanan ini diterima dan dimanfaatkan oleh peserta didik, yang merupakan pengguna utama dari teknologi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang persepsi peserta didik dan kontribusi internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Sewon. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini ada 2, sumber data primer yang diperoleh secara langsung dari informan yaitu Kepala Sekolah, Waka Sarana Prasarana, Pendidik dan Peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder adalah modul ajar dan lain-lain. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deksriptif analisis. Hasil penelitian ini adalah (1) Persepsi peserta didik terhadap layanan internet sekolah dalam mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul. Peserta didik merasa mudah mengakses materi pembelajaran, membantu peserta didik ketika mengalami kendala dalam pembelajaran, membuat peserta didik lebih kreatif dan inovatif dengan adanya akses ke berbagai sumber ajar. Namun, persepsi mereka terhadap efektivitas internet dalam pembelajaran agama bisa bervariasi, tergantung pada seberapa relevan dan menarik materi yang disajikan melalui media tersebut. (2) Kontribusi internet sekolah dalam mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul. Adanya internet, peserta didik mendapatkan pembelajaran yang lebih efektif dan menarik, dapat menjelaskan sesuatu yang sulit/kompleks, mempercepat proses yang lama, pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang topik yang dipelajari, seperti artikel ilmiah, ceramah, konten multimedia (video dan podcast), serta aplikasi pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Internet; Teknologi; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2024 14:52
Last Modified: 06 Sep 2024 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66820

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum