PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

Prilia Linda Astuti, NIM.: 19104040020 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK)
19104040020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK)
19104040020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman kosep penting untuk dimiliki oleh peserta didik karena kemampuan ini dapat membantu peserta didik untuk memahami makna pembelajaran matematika dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD terintegrasi nilai keislaman pada materi trigonometri untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep yang layak digunakan. LKPD yang dikembangkan dikatakan layak digunakan apabila memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implement), dan Evaluasi (Evaluate). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar penilaian ahli, angket respon peserta didik, dan lembar soal tes kemampuan pemahaman konsep. Adapun subjek penelitian ini adalah validator ahli dan peserta didik sebagai subjek implementasi LKPD dalam pembelajaran. Adapun teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase keidealan penilaian ahli, perhitungan skor rata-rata angket respon peserta didik, dan perhitungan persentase jumlah peserta didik yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif. Kevalidan produk diperoleh berdasarkan hasil penilaian oleh dua validator ahli materi, dua validator ahli integrasi, dan dua validator ahli media yang menunjukkan bahwa kualitas LKPD termasuk dalam kriteria sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 93%. Hasil uji kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik mendapat kriteria positif dengan skor rata-rata sebesar 57 dari skor maksimal 80. LKPD dinyatakan efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menunjukkan sebanyak 67% peserta didik memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Wed Giyarti, M.Si
Uncontrolled Keywords: LKPD; Integrasi Nilai Keislaman; Pemahaman Konsep; Trigonometri
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:09
Last Modified: 09 Sep 2024 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66823

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum