PENGARUH MEDIA PERMAINAN TEBAK KATA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI AL IMAN SOROGENEN TAHUN AJARAN 2023/2024

Syukmi Muniratul Kamalia, NIM.: 19104020006 (2024) PENGARUH MEDIA PERMAINAN TEBAK KATA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI AL IMAN SOROGENEN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA PERMAINAN TEBAK KATA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI AL IMAN SOROGENEN TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104020006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA PERMAINAN TEBAK KATA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI AL IMAN SOROGENEN TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104020006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar bahasa Arab siswa dan kurang beragamnya media yang digunakan oleh guru sehingga membutuhkan inovasi baru yang lebih menarik dalam penggunaan media pembelajaran guna untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan tebak kata dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V MI Al Iman Sorogenen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantatif eksperimen dengan menggunakan jenis penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V MI Al Iman Sorogenen yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian menggunakan jenis sampel (Non Probability Sampling) dengan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Pengkajian instrumen menggunakan Uji Validasi dan Uji Reliabel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil uji hipotesis minat belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.104 yang berarti lebih besar dari 0.005. Berdasarkan pengambilan keputusan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media; Permainan; Tebak Kata; Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:14
Last Modified: 09 Sep 2024 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66824

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum