ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

Rozaanatulmudrikati, NIM.: 18106000006 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT)
18106000006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT)
18106000006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita di SLB Islam Qothrunnada pada materi bangun datar segiempat. Kedua, untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita di SLB Islam Qothrunnada pada materi bangun datar segiempat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SLB Islam Qothrunnada pada kelas rombongan belajar Luth dan Yusuf semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita dengan kategori ringan yang berjumlah dua orang. Instrumen pengumpulan data terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan instrumen observasi pembelajaran, tes diagnostik kemampuan pemahaman konsep, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita pada materi bangun datar segiempat di SLB Islam Qothrunnada adalah baik. Pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep tergolong sangat rendah. Indikator mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya) tergolong sangat baik. Indikator memberikan contoh dan non-contoh dari konsep tergolong sangat baik. Indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis tergolong baik. Indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep tergolong sangat baik. Indikator Menggunakan prosedur atau operasi tertentu tergolong sangat baik. Dan indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah tergolong baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita di SLB Islam Qothrunnada pada materi bangun datar segiempat adalah kurangnya media pembelajaran atau alat peraga dalam membantu siswa tunagrahita memahami materi bangun datar segiempat, kurangnya sumber belajar siswa seperti LKPD, modul belajar, dan sumber belajar lainnya. catatan atau rangkuman siswa yang kurang lengkap sehingga siswa cenderung lupa dengan materi pembelajaran yang diajarkan guru, dan suasana kelas yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Suparni, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Siswa Tunagrahita; Bangun Datar Segiempat; pemahaman konsep
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus/Pendidikan Inklusi
500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:16
Last Modified: 09 Sep 2024 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66834

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum