STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDZ AL FATIMIYAH KRAPYAK YOGYAKARTA

Elisa Syarofah Andalas Putri, NIM.: 18104090017 (2024) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDZ AL FATIMIYAH KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDZ AL FATIMIYAH KRAPYAK YOGYAKARTA)
18104090017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDZ AL FATIMIYAH KRAPYAK YOGYAKARTA)
18104090017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam proses pembelajaran di suatu lembaga pendidikan. Seorang guru harus memiliki kualifikasi kompetensi guru yang sesuai dengan undang-undang berlaku. Guru berhak memperoleh pembinaan dan kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya, oleh sebab itu kepala sekolah memiliki tanggung jawab sebagai seorang pemimpin untuk mengarahkan guru dalam proses peningkatan kompetensinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: kompetensi guru di MI Tahfidz Al Fatimiyah Krapyak Yogyakarta dan strategi peningkatan kompetensi guru di MI Tahfidz Al Fatimiyah Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melibatkan tiga langkah teknik analisis data di antaranya: reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi guru di MI Tahfidz Al Fatimiyah hanya 73% yang telah memenuhi standar kompetensi guru dan secara keseluruhan kompetensi guru sudah tergolong baik, 2) strategi peningkatan kompetensi guru oleh kepala sekolah adalah melakukan kunjungan kelas, evaluasi bulanan, pendampingan penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dukungan studi lanjut, melaksanakan pembinaan rohani, pelatihan dan study banding guru serta KKGMI (Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Muhamad Iskhak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah; Kompetensi; UKG
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:51
Last Modified: 09 Sep 2024 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66835

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum