Ifda Kayyisah, NIM.: 17104010122 (2024) PERAN KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN KEGIATAN KEAGAMAAN ANAK DI RT 05 GOWOK CATURTUNGGAL DEPOK - SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERAN KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN KEGIATAN KEAGAMAAN ANAK DI RT 05 GOWOK CATURTUNGGAL DEPOK - SLEMAN)
17104010122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PERAN KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN KEGIATAN KEAGAMAAN ANAK DI RT 05 GOWOK CATURTUNGGAL DEPOK - SLEMAN)
17104010122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Lingkungan keluarga merupakan unit terkecil dari masyarkat dan negara yang sangat luas. Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama bagi anak, karena di dalam keluargalah anak untuk pertama kalinya mendapatkan pendidikannya, terutama oleh ibunya. Pendidikan yang ditanamkan dalam keluarga merupakan pondasi bagi pendidikan selanjutnya. Bila pendidikan dalam keluarganya baik dan kokoh, maka akan mempermudah dalam memperkuat bangunan pendidikan selanjutnya pada anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskrisptif. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data (display data) , dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Peran keluarga dalam pendampingan kegiatan keagamaan anak di RT 05, Gowok meliputi peran sebagai pendidik, motivator, teladan, teman dan pengawas. Intensitas perannya berbeda-beda tergantung pada kondisi masing-masing keluarga. Keluarga yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi cenderung memiliki kesadaran lebih akan pentingnya pendampingan kegiatan keagamaan bagi anaknya. Apabila kedua orang tuanya berhalangan dalam melakukan pendampingan kegiatan keagamaan secara langsung, maka peran tersebut akan dapat dibantu oleh anggota keluarga lainnya atau dengan melibatkan pihak ketiga seperti guru les. Terdapaat dua cara pendampingan kegiatan keagamaan anak pada di RT 05, Gowok, Catur Tunggal, Depok-Sleman yang paling membuahkan hasil, yaitu Keteladanan, Pemberian Pujian dan Hadiah. 2). Adapun faktor pendukung optimalisasi peran keluarga dalam pendampingan kegiatan keagamaan anak di RT 05, Gowok, Catur tunggal, Depok-Sleman, antara lain yaitu kekompakan keluarga, letak rumah dengan tempat ibadah , lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kesibukan orang tua, penggunaan HP berlebihan , suasana hati dan emosi anak, lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing:Dr. Mohamad Agung R, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | keluarga; pendampingan anak; kewajiban orangtua; kegiatan keagamaan anak |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 08:56 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 08:56 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66848 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |