MOTIVASI, MONITORING, DAN KETELADANAN GURU PAI DALAM UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS SISWA TAHUN AJARAN 2020/2021 DI MTs N 4 BANTUL

Rizka Febriyana, NIM.: 17104010136 (2024) MOTIVASI, MONITORING, DAN KETELADANAN GURU PAI DALAM UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS SISWA TAHUN AJARAN 2020/2021 DI MTs N 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI, MONITORING, DAN KETELADANAN GURU PAI DALAM UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS SISWA TAHUN AJARAN 2020/2021 DI MTs N 4 BANTUL)
17104010136_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI, MONITORING, DAN KETELADANAN GURU PAI DALAM UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS SISWA TAHUN AJARAN 2020/2021 DI MTs N 4 BANTUL)
17104010136_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang lah penelitian ini adalah bahwa Guru PAI Religiusitas Peserta didik mengalami perubahan dengan sebelumnya peran guru dalam meningkatkan religiusitas peserta didik melalui tatap muka dan sekarang berubah menjadi sistem daring. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan religiusitas peserta didik pada pandemi , mengetahui metode, strategi serta media yang digunakan guru dalam meningkatkan religiusitas peserta didik pada pandemi , serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan religiusitas peserta didik pada pandemi di MTs N 4 Bantul. ` Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan studi lapangan di MTs N 4 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, keabsahan data menggunakan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran guru PAI dalam meningkatkan religiusitas peserta didik di MTs N 4 Bantul diantaranya yaitu melalui peran guru sebagai pendidik dan pengajar, guru sebagai pemimpin, guru sebagai pengelola proses belajar mengajar, guru sebagai teladan, guru sebagai motivator, guru sebagai evaluator. Selanjutnya metode guru dalam meningkatkan religiusitas peserta didik pada pandemi diantaranya adalah ceramah bervariasi, metode tanya jawab, metode penugasan, metode pembiasaan, metode keteladanan. Adapun strategi guru dalam meningkatkan religiusitas peserta didik diantaranya yaitu pemberian tugas secara drive thru, monitoring secara online, home visit, kegiatan keagamaan secara online, kegiatan tahfidz secara online, layanan perpustakaan secara online dan offline, one day one hadis, al-qur’an follow the line. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan religiusitas peserta didik pada pandemi di MTs N 4 Bantul yaitu pendampingan belajar secara penuh, fasilitas kuota internet, fasilitas pendukung seperti peralatan ibadah, dan sarana keagamaan, aspek kesadaran peserta didik, lingkungan belajar peserta didik. Faktor penghambat religiuisitas peserta didik diantaranya kurangnya kontrol terhadap perilaku peserta didik, keterbatasan ilmu, lingkungan belajar peserta didik, kurang efektifnya proses kegiatan pembelajaran, terlambatnya laporan kegiatan siswa, kurangnya motivasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Peran Guru PAI; pandemi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Sep 2024 10:01
Last Modified: 09 Sep 2024 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum