Mohammad Ahsan Nadhif Zamrudy, NIM.: 19104010029 (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS GUNA MEMBENTUK SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYYAH NEGERI 5 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS GUNA MEMBENTUK SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYYAH NEGERI 5 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104010029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS GUNA MEMBENTUK SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYYAH NEGERI 5 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104010029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi bahwa penggunaan Problem Based Learning ini menyesuaikan karakteristik, kemampuan siswa kelas IX, dan betujuan untuk menjadikan proses pembelajaran dapat memberikan acuan dalam pembentukan sikap sosial peserta didik melalui interaksi sesama yang sesuai dengan kompetensi sikap peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kegiatan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBL yang dapat membentuk sikap sosial peserta didik sehingga dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, penelitian ini dikategorikan dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penggunaan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipatif, metode wawancara, dokumentasi. Dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber, dan waktu. Sehingga penelitian ini menghasilkan: (1) Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist di MTs Negeri 5 Bantul berjalan sesuai dengan kaidah langkah-langkah, dan karakteristik model pembelajaran tersebut, penggunaan model pembelajaran ini sudah efektif, hanya beberapa hal masih perlu di perhatikan oleh guru dan sekolah dari segi fasilitas yang diberikan berupa buku bacaan siswa yang masih kurang terpenuhi. (2) Model pembelajaran PBL ini dapat memudahkan guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, yang mana peserta didik dapat berinteraksi dalam pembelajaran melalui diskusi kelompok, sehingga pembetukan sikap sosial jujur, tanggung jawab, sopan santun, peduli, dan disiplin pada peserta didik dalam aspek penerimaan (accepting), menjalankan (responding), menghargai (valuing), menghayati (organizing/internalizing), mengamalkan (characterizing/actualizing) tecapai dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Al-Qur’an dan Hadist, Sikap Sosial |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 13:42 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 13:42 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66864 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |