Arief Wijayana, NIM.: 17104010054 (2024) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBIASAAN HAFALAN MATERI AL-HADITS: UPAYA, METODE, FAKTOR PENDUKUNG DAN TANTANGAN DI SDIT AL-IHKLAS DESA MANTREN KARANGREJO MAGETAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBIASAAN HAFALAN MATERI AL-HADITS: UPAYA, METODE, FAKTOR PENDUKUNG DAN TANTANGAN DI SDIT AL-IHKLAS DESA MANTREN KARANGREJO MAGETAN)
17104010054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBIASAAN HAFALAN MATERI AL-HADITS: UPAYA, METODE, FAKTOR PENDUKUNG DAN TANTANGAN DI SDIT AL-IHKLAS DESA MANTREN KARANGREJO MAGETAN)
17104010054BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus-kasus kenakalan remaja, yang menunjukkan indikasi bahwa adanya degradasi moral atau problem karakter yang sedang melanda. Adanya indikasi problem karakter juga terjadi di lingkungan SDIT AL-IKHLAS dimana para siswa masih sering membuang sampah sembarangan, berbicara kotor, berperilaku nakal dan lain sebagainya. Pihak sekolah menyelenggarakan program-program pembiasaan untuk membentuk karakter siswa yang Islami, salah satunya adalah program pembiasaan hafalan Materi Al-Hadits. Oleh karena itu, dalam skripsi ini peneliti ingin meneliti lebih jauh mengenai program pembentukan karakter melalui pembiasaan hafalan Materi Al-Hadits, serta bagaimana upaya dari pihak sekolah untuk membentuk karakter siswa yang islami. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dalam pengumpalan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi behavioristik, dimana dalam psikologi behavioristik memandang bahwa setiap tindakan atau perilaku bersumber stimulus dan mengakibatkan suatu respon yang muncul. Teknik analisis data menggunakan beberapa komponen yang saling berkaitan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Dari Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa 1) Pembiasaan hafalan Materi Al-Hadits diselenggarakan setiap hari selama hari sekolah yang dimulai sebelum pembelajaran dimulai dan setiap siswa diwajibkan untuk menghafal 50 hadits pendek beserta artinya. 2) Banyak faktor yang menjadi pendukung serta penghambat berjalannya pembiasaan hafalan Materi Al-Hadits, sebuah buku kontrol digunakan untuk mendukung dan membantu guru dalam mengawasi hafalan setiap murid, serta beberapa faktor eksternal seperti lingkungan, teman, ataupun kontrol orangtua yang kurang yang menjadikan proses pembiasaan hafalan materi Al-Hadits menjadi terhambat. 3) Pembiasaan hafalan Materi Al-Hadits dalam prosesnyamampu untuk membentuk karakter siswa yang disiplin, religius, serta bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing:Drs. H. Radino M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | karakter; pembiasaan; hafalan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 10:37 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 10:37 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66875 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |