URGENSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH NGLARANGAN KANOR BOJONEGORO BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO.14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN

M. Taufiq Achsan, NIM.: 17104090075 (2024) URGENSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH NGLARANGAN KANOR BOJONEGORO BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO.14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (URGENSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH NGLARANGAN KANOR BOJONEGORO BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO.14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN)
17104090075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (URGENSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH NGLARANGAN KANOR BOJONEGORO BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO.14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN)
17104090075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengeksplorasi urgensi kepemimpinan transformasional kepala madrasah. Implementasi dari kepemimpinan transformasional kepala madrasah ini di dasarkan pada teori yang di kemukakan oleh Avolio mengenai kepemimpinan transformasional yang terdapat empat dimensi utama yaitu Idealized Influence, Inspirational Motivation, Intellectual Stimulation dan Individualized Consideration. Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di dasarkan pada amanat Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen. Di sebutkan dalam bab IV tentang Guru pada Pasal 10 ayat (1) bahwa kompetensi guru sebagaimana yang di maksud dalam pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti menggunakan pendekatan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan di perkuat keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Nglarangan Kanor Bojonegoro memiliki empat dimensi kepemimpinan transformasional yang di kemukakan oleh Avolio yang beperan penting dalam meningkatkan kinerja guru di antaranya 1) Idealized Influence, kepala madrasah sudah menerapkan kebiasaan pribadi yang positif bagi seluruh warga madrasah ; 2) Inspirational Motivation, kepala madrasah menerapkan punishman dan reward bagi para guru; 3) Intellectual Motivation kepala madrasah menyediakan kegiatan pelatihan atau penataran untuk menunjang pengembangan kompetensi guru; 4) Individualized Consideration kepala madrasah memperkuat hubungan interpersonal dengan para guru. Output dari kepemimpinan transfromasional bagi peningkatan kinerja guru antara lain: guru mampu merancang dan mengevaluasi hasil belajar murid, guru dapat menjadi teladan bagi murid, guru dapat berkomunikasi dengan baik dan guru dapat menguasai serta mengembangkan materi dan konsep pembelajaran yang luas serta mendalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin S.Pd.I.,M.S.I
Uncontrolled Keywords: Transformational Leadership; Teacher Performance
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Sep 2024 13:00
Last Modified: 09 Sep 2024 13:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum