STRATEGI ENTERPRENEUR MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS WARUNG KOPI “MATO KOPI PUSAT” YOGYAKARTA)

Nisa Gusti Zulfia, NIM.: 17107020049 (2024) STRATEGI ENTERPRENEUR MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS WARUNG KOPI “MATO KOPI PUSAT” YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI ENTERPRENEUR MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS WARUNG KOPI “MATO KOPI PUSAT” YOGYAKARTA))
17107020049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI ENTERPRENEUR MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS WARUNG KOPI “MATO KOPI PUSAT” YOGYAKARTA))
17107020049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi kewirausahaan untuk mengembangkan ekonomi kreatif sebagai studi kasus pada bisnis kedai kopi Mato Kopi Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana strategi yang digunakan para pengusaha untuk mengembangkan ekonomi kreatif diterapkan di perusahaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah tindakan sosial yang diperkenalkan oleh Max Weber. Dalam teori ini, Max Weber mengklasifikasikan perilaku sosial menjadi empat jenis. Saat ini industri kreatif menjadi hal yang penting bagi para wirausahawan sebagai salah satu hal yang perlu dikembangkan dan diterapkan dalam membangun sebuah usaha. Pengusaha mengembangkan usahanya sesuai dengan strategi inovasi atau mempertimbangkan peluang yang ada untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Industri kreatif kini diakui kemampuannya dalam mengembangkan bakat di bidang sains, inovasi, dan aktivisme. Perkembangan ekonomi kreatif ini dapat mencakup seluruh bidang usaha, termasuk sektor kuliner. Perusahaan di bidang kuliner juga terbagi menjadi beberapa sektor, seperti bisnis kedai kopi. Hasil penelitian ini menemukan bahwasannya ide kreatif merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan dan digunakan sebagai upaya seorang pengusaha dalam mengembangkan usaha yang dimilikinya. Ide kreatif seorang entrepreneur dapat menciptakan sesuatu yang unik dan menjadi ciri khas usahanya. Bentuk strategi yang diterapkan oleh pemilik Mato Kopi Yogyakarta ini antara lain adalah membangun konsep warung kopi dengan bangunan limasan yang didominasi kayu sebagai ciri khas, memberikan fasilitas terbaik seperti pembebasan biaya parkir dan harga yang terjangkau dengan menu yang bervariasi serta operasional warung selama 24 Jam. Selain itu pemilik Mato Kopi juga memperhatikan kesejahteraan karyawannya seperti memberikan fasilitas berupa mess sebagai tempat tinggal, makan dan minum dan memberikan kelonggaran bagi karyawannya untuk melaksanakan sholat lima waktu. Strategi yang lain yang dilakukan oleh pemilik Mato Kopi ini dalam mengembangkan ekonomi kreatif adalah melebarkan usahanya di bidang lain seperti pembuatan kayu ukir dan rumah makan keluarga yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Mato Kopi Yogyakarta juga merupakan salah satu warung kopi terlama di Yogyakarta yang hingga saat ini masih eksis. Dalam penelitian ini juga ditemukan fakta bahwa tindakan pemilik Mato Kopi Yogyakrta termasuk tindakan sosial yang berkaitan dengan tindakan sosial milik Max Weber.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti S.Sos., M.A,
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Kreatif, Kreativitas, Inovasi, Warung kopi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 301 Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Sep 2024 14:53
Last Modified: 10 Sep 2024 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66923

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum