Taufik Hidayatullah, NIM.: 20107010032 (2024) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN LOKUS KENDALI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN KECERDASAN BUATAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS KULIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN LOKUS KENDALI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN KECERDASAN BUATAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS KULIAH)
20107010032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN LOKUS KENDALI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN KECERDASAN BUATAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS KULIAH)
20107010032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam mempengaruhi keberhasilan mahasiswa, sehingga penelitian mengenai motivasi belajar pada mahasiswa yang menggunakan bantuan kecerdasan buatan dalam mengerjakan tugas, perlu dilakukan agar dapat menyikapi kemajuan teknologi dengan bijak dan mencapai proses belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan lokus kendali dengan motivasi belajar pada mahasiswa yang menggunakan kecerdasan buatan dalam mengerjakan tugas kuliah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, dan peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner serta didapatkan 128 responden. Responden dipilih menggunakan teknik accidental sampling dan dengan kriteria mahasiswa S1 aktif berusia 18-25 tahun yang berkuliah di Yogyakarta dan pernah menggunakan kecerdasan buatan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini mencakup General Self-Efficacy (GSE) yang dimodifikasi oleh Yolandita (2021) untuk mengukur efikasi diri, Internality Powerful Other and Chance Scale (IPC) yang dimodifikasi oleh Salsabila dkk. (2022) untuk mengukur lokus kendali, dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang dimodifikasi oleh Dewi dan Oktaria (2017) untuk mengukur motivasi belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian pada uji f didapatkan nilai signifikansi p<0.001, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan lokus kendali dengan motivasi belajar. Efikasi diri memberikan sumbangan efektif sebesar 65.8%, dan lokus kendali sebesar 1.4%, dengan total sumbangan efektif sebesar 67.2%. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam kepada para pendidik, pengembang kurikulum yang dapat mendukung pengembangan motivasi belajar mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Nurus Sa'adah, S.Psi., M.Si., Psi. |
| Uncontrolled Keywords: | learning motivation; self-efficacy; locus of control; artificial intelligence |
| Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 155.5 Psikologi Remaja |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 11 Sep 2024 08:24 |
| Last Modified: | 11 Sep 2024 08:24 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66930 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
