Fathur Rahman, NIM.: 20102040090 (2024) PELAYANAN IBADAH UMRAH BACKPACKER DI PPIU PT. NUR RAMADHAN WISATA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PELAYANAN IBADAH UMRAH BACKPACKER DI PPIU PT. NUR RAMADHAN WISATA YOGYAKARTA)
20102040090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (PELAYANAN IBADAH UMRAH BACKPACKER DI PPIU PT. NUR RAMADHAN WISATA YOGYAKARTA)
20102040090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Ibadah urmah Backpacker dipahami oleh masyarakat pada umumnya adalah umrah secara mandiri. Akan tetapi umrah yang dilakukan secara mandiri ini meliliki banyak resiko untuk itu Kementerian Agama melaporkan umrah Backpacker ke Polda Metro Jaya sehingga tidak ada lagi ibadah umrah Backpacker. Namun PT. Nur Ramadhan Yogyakarta mengadakan program umrah Backpacker yang secara resmi dengan tetap mematuhi peraturan dari Kementerian Agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan ibadah umrah backpacker di PPIU PT. Nur Ramadhan Wisata Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Pelayanan Ibadah Umrah Backpacker di PPIU PT. Nur Ramadhan Wisata Yogyakarta, sesuai dengan aktivitas manajemen pelayanan yaitu: Aktivitas menerapkan sasaran dalam rangka pencapaian tujuan organisasi, dalam dimensi ini PT. Nur Ramadhan Wisata melakukan penerapan sasaran atau tujuan dari program umrah backpacker, dengan memberikan kesempatan dan kemudahan bagi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah agar bisa berangkat ke Tanah suci. Menetapkan cara yang tepat, dalam dimensi ini PT. Nur Ramadhan Wisata melakukan cara yang tepat dengan memperhatikan lima prinsip dari Kemenag diantaranya, kepastian tanggal, visa umrah, akomodasi, hotel, dan kepastian travel. Melaksanakan pekerjaan dan menyelesaikan masalah, dalam dimensi ini PT. Nur Ramadhan Wisata tetap mengacu pada SISKOPATUH juga memberikan asuransi pada jemaah sehingga jemaah akan tetap merasa aman. Mengendalikan kegiatan atau proses pelayanan, dalam dimensi ini PT. Nur Ramadhan Wisata membuat program umrah backpacker dengan mereduksi setiap fasilitas umrah. Mengevaluasi pelaksanaan tugas atau pekerjaan, dalam dimensi ini PT. Nur Ramadhan Wisata memberikan kuisioner pada setiap alumni jemaah umrah backpacker untuk dijadikan bahan evaluasi dari program umrah backpacker.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Muhammad Irfai Muslim, M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Umrah Backpacker; Ibadah; PT. Nur Ramadhan Wisata Yogyakarta |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.352 Manajemen Haji-Umroh |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:34 |
| Last Modified: | 12 Sep 2024 08:34 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66977 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
