PERILAKU KEUANGAN PENERIMA JPS BIDANG PENDIDIKAN DI DESA SINDUADI: PEMBACAAN DENGAN TEORI HABITUS PIERRE BORDIEU

Vivi Nurmala, NIM.: 20107020073 (2024) PERILAKU KEUANGAN PENERIMA JPS BIDANG PENDIDIKAN DI DESA SINDUADI: PEMBACAAN DENGAN TEORI HABITUS PIERRE BORDIEU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERILAKU KEUANGAN PENERIMA JPS BIDANG PENDIDIKAN DI DESA SINDUADI: PEMBACAAN DENGAN TEORI HABITUS PIERRE BORDIEU)
20107020073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (PERILAKU KEUANGAN PENERIMA JPS BIDANG PENDIDIKAN DI DESA SINDUADI: PEMBACAAN DENGAN TEORI HABITUS PIERRE BORDIEU)
20107020073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jaring Pengaman Sosial atau biasa disingkat JPS merupakan bantuan sosial tidak terencana berupa uang tunai diberikan kepada masyarakat yang mengalami permasalahan sosial di wilayah Kabupaten Sleman. Tujuan program ini adalah untuk membantu masyarakat khususnya mereka yang tidak memiliki jaminan sosial pemerintah dan meningkatkan kesejahteraan bagi setiap penerimanya. Diketahui total keseluruhan pengajuan JPS pada bulan Mei 2023 yaitu 2.161 pemohon dengan jumlah paling banyak diajukan adalah JPS bidang pendidikan sejumlah 1.838 pemohon. Meskipun begitu meningkatnya kesejahteraan keluarga penerima program bantuan sosial tidak hanya ditentukan oleh besaran bantuan sosial yang diterimanya tetapi juga ditentukan oleh perilaku keuangan sehari-harinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui habitus perilaku keuangan keluarga penerima JPS bidang pendidikan di Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman dengan pembahasan lebih detail terkait latar belakang sosial, norma maupun nilai-nilai sosial yang dianut, serta aktivitas sehari-hari dalam megelola keuangan. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis data melalui reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan tahapan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai bukti penelitian. Dalam menganalisis hasil temuan lapangan penelitian ini menggunakan Teori Habitus Pierre Bordieu untuk mengetahui kebiasaan dan praktik-praktik keuangan yang dipengaruhi struktur sosial dan pengalaman hidup penerima JPS bidang pendidikan di Desa Sinduadi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan habitus perilaku keuangan antara penerima JPS bidang pendidikan dengan riwayat pendidikan rendah dan penerima JPS bidang pendidikan dengan riwayat pendidikan lebihtinggi. Penerima JPS bidang pendidikan dengan riwayat pendidikan rendah cenderung lebih fokus terhadap pemenuhan kebutuhan dasar sehari-hari sedangkan penerima JPS bidang pendidikan dengan riwayat pendidikan lebih tinggi sadar akan perencanaan keuangan jangka panjang. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini perbedaan habitus antara dua kelompok penerima JPS bidang pendidikan tercipta karena dipengaruhi oleh modal ekonomi, modal budaya, dan modal sosial yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Norma Permata S.Ag., M.A., Ph.,D.
Uncontrolled Keywords: JPS Bidang Pendidikan, Perilaku Keuangan, Habitus, Pierre Borideu
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 301 Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Sep 2024 15:33
Last Modified: 12 Sep 2024 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum