PROGRAM KEGIATAN PONDOK PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH DESA KARANGWARU, KECAMATAN TEGALREJO, KOTA YOGYAKARTA

Umi Mar’atush Sholihah, NIM.: 17104010042 (2024) PROGRAM KEGIATAN PONDOK PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH DESA KARANGWARU, KECAMATAN TEGALREJO, KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM KEGIATAN PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH YOGYAKARTA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI, YOGYAKARTA)
17104010042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM KEGIATAN PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH YOGYAKARTA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI, YOGYAKARTA)
17104010042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting dalam hidup manusia terutama anak, faktor utama yang dapat mempengaruhi karakter anak yaitu faktor lingkungan. Pondok pesantren merupakan lingkungan yang baik dan dapat membentuk karakter santri melalui pengajaran langsung dan tidak langsung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan kegiatan di Pondok Pesantren Al- Barokah Yogyakarta. Serta mengetahui karakter yang terbentuk melalui kegiatan di Pondok Pesantren Al-Barokah Yogyakarta Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penganalisisan data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data dengan mengadakan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, kemudian hasil wawancara juga dibandingkan dengan dokumen yang berkaitan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa pada Pondok Pesantren Al-Barokah merupakan jenis Pesanten Salafiyah dengan pembentukan karakter santri didapatkan melalui pendidikan kepondokan. Berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan karakter santri diantaranya yaitu: pengajian Al- Qur’an, pengajian kitab atau madrasah diniyah, pengajian ramadhan, majlis dzikir dan mujahadah, kegiatan peringatan hari besar Islam, haul dan khotmil qur’an, ziaroh, roan, serta kegiatan lain atau piket yang turut mendukung kegiatan tersebut. Dalam membentuk karakter santri Pondok Pesantren Al-Barokah menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, dan ceramah yang secara tidak langsung mampu membentuk karakter santri. Dari teladan seorang Ibu Nyai terbentuk karakter santri yang bijak serta adil dalam menempatkan urusan perkuliahan dan pesantren, serta menjadi seorang yang teliti. Metode ceramah ini dilakukan melalui kegiatan madrasah diniyah, yang berdasarkan pada kitab-kitab akhlak, dalam pembelajaan akhlak karakter yang diterapkan kepada santri yaitu santri memiliki adab kepada orang tua, guru, saudara dan teman, adab dalam menuntut ilmu, terhadap Al-Qur’an, akhlak terpuji, dan mengerti pentingnya kebersihan. Dari berbagai kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Al-Barokah, santri dibiasakan untuk memiliki karakter religius, toleransi terhadap sesama, adil dalam meletakkan suatu keputusan, disiplin terhadap peraturan, mampu bekerjasama, mandiri, dan bertanggungjawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Karakter, Pondok Pesantren, Program Kegiatan Santri
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2024 09:23
Last Modified: 17 Sep 2024 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67010

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum