HUBUNGAN GAME ONLINE DAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA DI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR KEBUMEN

Haeatin Hizbiyyah, NIM.: 17104010113 (2024) HUBUNGAN GAME ONLINE DAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA DI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN GAME ONLINE DAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA DI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR KEBUMEN)
17104010113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN GAME ONLINE DAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA DI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR KEBUMEN)
17104010113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah menguraikan pentingnya motivasi belajar Pendidikan agama islam dan penggunaan game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan game online terhadap motivasi belajar siswa di MA Wathoniyah Islamiyah Karangduwur, Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa MA Wathoniyah Islamiyah yang aktif bermain game online. Hasil analisis data menunjukkan bahwa game online berpengaruh negatif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi (sig.=0,005). Artinya, semakin tinggi intensitas bermain game online, semakin rendah motivasi belajar siswa. Selain itu, pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa di MA Wathoniyah Islamiyah tercatat sebesar 3,9%. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun pengaruhnya relatif kecil, game online tetap memiliki dampak yang nyata terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menyarankan agar pihak sekolah dan orang tua lebih memperhatikan penggunaan game online oleh siswa dan mengarahkan mereka untuk lebih fokus pada kegiatan belajar. Selain itu, perlu adanya program-program yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga pengaruh negatif dari game online dapat diminimalisir. Dengan demikian, diharapkan motivasi belajar siswa dapat tetap terjaga dan prestasi akademik mereka dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag, S.Psi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Game Online, Motivasi Belajar, Siswa, MA Wathoniyah Islamiyah, Pengaruh Negatif.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2024 09:25
Last Modified: 17 Sep 2024 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67011

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum