Mira Suryani, NIM.: 17104030024 (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI BUKU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK AL FATIHAH SEMAKI UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI BUKU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK AL FATIHAH SEMAKI UMBULHARJO YOGYAKARTA)
17104030024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI BUKU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK AL FATIHAH SEMAKI UMBULHARJO YOGYAKARTA)
17104030024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berakar dari kebutuhan akan metode pembelajaran yang efektif untuk anak usia dini. Buku bergambar telah lama dianggap sebagai alat yang dapat merangsang minat belajar dan perkembangan kognitif anak. Namun, masih diperlukan bukti empiris mengenai efektivitasnya dalam konteks pendidikan awal. Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan tentang sejauh mana buku bergambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran buku bergambar dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen one group pre-test post-test, dimana sekelompok anak diberikan pre-test untuk mengukur kemampuan kognitif awal mereka, kemudian diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan buku bergambar, dan diakhiri dengan post-test untuk mengukur peningkatkan kemampuan kognitif setelah perlakuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Penelitian ini untuk menguji efektivitas buku bergambar dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini setelah menggunakan buku bergambar sebagai media pembelajaran. Buku bergambar merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dan dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan anak usia dini. Proses penelitian dimulai dengan pengukuran awal kemampuan kognitif peserta didik (pre-test), kemudian peserta didik diberikan intervensi berupa pembelajaran menggunakan buku bergambar, dan diakhiri dengan pengukuran akhir kemampuan kognitif (post-test). Sampel dalam penelitian ini adalah 18 peserta didik kelompok B TK AlFatihah Semaki Umbulharjo Yogyakarta. Data dianalisis menggunakan untuk melihat perubahan yang terjadi antara hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kognitif anak setalah menggunakan buku bergambar. Data menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kemajuan yang lebih baik dalam kemampuan kognitif seperti pemahaman konsep dan kreativitas dibandingkan dengan sebelum menggunakan buku bergambar. Hasil menyatakan bahwa ada perkembangan aspek kognitif anak dengan menggunakan buku bergambar. Perkembangan kognitif kelompok eskperimen mengalami peningkatan skor dari 59,82 pada pre-test menjadi 67,53 pada post test.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Buku Bergambar, Kemampuan Kognitif, Media Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 09:30 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 09:30 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67013 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |