Dwi Hesti Yulistiani, NIM.: 17104030075 (2024) IMPLEMENTASI FLASHCARD DALAM PENGENALAN BAHASA JEPANG PADA KELOMPOK B TK ISLAM DUTA ANANDA BERBAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI FLASHCARD DALAM PENGENALAN BAHASA JEPANG PADA KELOMPOK B TK ISLAM DUTA ANANDA BERBAH)
17104030075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (IMPLEMENTASI FLASHCARD DALAM PENGENALAN BAHASA JEPANG PADA KELOMPOK B TK ISLAM DUTA ANANDA BERBAH)
17104030075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa asing merupakan Bahasa yang harus dikenalkan anak sejak dini selain bahasa Indonesia diant aranya bahasa Jepang. Pengenalan terkait bahasa Jepang dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya menggunakan media Flashcard . Pemilihan media menentukan tercapainya tujuan pembelajaran dan dapat menarik minat anak untuk belajar bahasa. Tujuan pene litian untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran media Flashcard dalam pengenalan bahasa Jepang pada kelompok B yang dilakukan di TK Islam Duta Ananda Berbah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri d ari 1 orang kepala sekolah, 3 orang guru dan 9 orang anak di kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan metode miles & huberman melalui tahapan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan metode miles & huberman melalui redu ksi data, display data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, implementasi pembelajaran menggunakan media Flashcard di TK Islam Duta Ananda Berbah dilakukan melalui tahapan perencanaan, pela ksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan guru mampu mempersiapkan materi sebelum pelaksanaan pembelajaran sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran berjalan secara optimal. Pembelajaran menggunakan media Flashcard dilaksanakan dengan beberapa tema kosakata , yaitu tema buah buahan dan benda di sekitar lingkungan sekolah dengan kosakata bahasa Jepang. Kemudian guru melakukan evaluasi setiap pelaksanaan pembelajaran selesai. Kedua, terdapat implikasi implementasi pembelajaran menggunakan media Flashcard terhad ap pengenalan bahasa Jepang pada kelompok B di TK Islam Duta Ananda Berbah. Implikasi bagi guru adalah kreativitas, kompetensi dan sinergi yang baik bagi guru. Sedangkan implikasi bagi anak adalah perkembangan bahasa Jepang pada anak usia dini di kelompok B dapat berkembang sesuai harapan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Prof. Dr. HJ. Erni Munastiwi MM. |
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Flashcard, Bahasa Jepang, Anak Usia Dini |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 17 Sep 2024 09:32 |
| Last Modified: | 17 Sep 2024 09:32 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67014 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
