STRATEGI PEMASARAN DALAM MENEMBUS PERSAINGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI SD MA’ARIF NURUL JANNAH JANTEN TEMON KULON PROGO YOGYAKARTA

Nur Hidayati, NIM.: 17104090027 (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENEMBUS PERSAINGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI SD MA’ARIF NURUL JANNAH JANTEN TEMON KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN DALAM MENEMBUS PERSAINGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI SD MA’ARIF NURUL JANNAH JANTEN TEMON KULON PROGO YOGYAKARTA)
17104090027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN DALAM MENEMBUS PERSAINGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI SD MA’ARIF NURUL JANNAH JANTEN TEMON KULON PROGO YOGYAKARTA)
17104090027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga pendidikan islam saat ini mulai mendapat perhatian khusus dari masyarakat. Akan tetapi diperlukan strategi khusus untuk dapat mengambil hati masyarakat. Sebagai sekolah swasta yang baru meluluskan satu angkatan pada tahuun 2021 SD Ma’arif Nurul Janah sudah menjadi Sekolah Dasar dengan siswa terbanyak ke 2 se kecamatan temon pada tahun 2018. Dengan metode penelitian kualitatif penelitian ini menganalisis lingkungan strategis SD Ma’arif Nurul Jannah yang mencakup lingkungan internal dan lingkungan eksternal, mengeksplorasi bagaimana konsep blue ocean strategy diterapkan dalam pemasaran lembaga SD Ma’arif Nurul Jannah serta mengidentifikasi dampak dari penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh SD Ma’arif Nurul Jannah. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas dan reabilitas. Uji kredibilitas dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta dibuktikan dengan pernyataan lembaga yang menyatakan data yang diperoleh adalah data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Sedangkan uji reabilitas dilakukan dengan observasi langsung dan observasi digital pada lama media sosial SD Ma’arif Nurul Jannah. Hasil penelitian ini menyatakan jumlah pendaftar SD Ma’arif pada tahun 2017 sebanyak 43 siswa, tahun 2018 sebanyak 60 siswa, tahun 2019 sebanyak 80 siswa, tahun 2020 sebanyak 80 siswa, dan tahun 2021 sebanyak 65 siswa. Pada tahun 2021 jumlah siswa SD Ma’arif dari kelas I-IV sejumlah 295 siswa. Dapat disimpulkan setiap tahunnya pendaftar di SD Ma’aif Nurul Jannah selalu memenuhi 2 kelas atau dikatakan SD Ma’arif Nurul Jannah telah mampu menghadapi persaingan lembaga pendidikan islam. Dalam usaha pemasarannya dalam menghadapi persaingan lembaga pendidikan islam SD Ma’arif Nurul Jannah menggunakan label ma’arif untuk menciptakan segmentasi pasar, fokus pada keunggulan nilai dan penyediaan produk pendidikan yang bervariasi, serta menginovasikan konsep Blue Ocean Strategy. Dengan strategi samudera biru SD Ma’arif memetakan pasarnya sendiri yang jauh dari persaingan yakni warga Nahdlatul Ulama di wilayah Kapanewon Temon dan sekitarnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Nora Saiva Jannana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Blue Ocean Strategy, Lembaga Pendidikan Islam
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2024 11:51
Last Modified: 17 Sep 2024 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67019

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum