MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS SEKOLAH ALAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SD JOGJA GREEN SCHOOL)

Aulia Rizky Nurjanah, NIM.: 17104090084 (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS SEKOLAH ALAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SD JOGJA GREEN SCHOOL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS SEKOLAH ALAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SD JOGJA GREEN SCHOOL))
17104090084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS SEKOLAH ALAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SD JOGJA GREEN SCHOOL))
17104090084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengetahui lebih dalam mengenai manajemen pembelajaran berbasis sekolah alam di SD Jogja Green School dalam membentuk karakter peserta didik. Peneliti juga melihat keunikan yang dimiliki SD Jogja Green School dimana sekolah ini memiliki program pembelajaran yang menarik serta pelaksanaan pembelajaran yang fleksibel dan menyenangkan dalam menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai karakter yang baik kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran berbasis sekolah alam dalam membentuk karakter peserta didik di SD Jogja Green School serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran berbasis alam dala m membentuk karakter peserta didik di SD Jogja Green School. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, manajemen pembelajaran di SD Jogja Green School memiliki empat fungsi diantaranya 1) Perencanaan pembelajaran, dilakukan dengan rapat kerja bersama dengan Yayasan dan seluruh jenjang pendidikan setiap awal semester; 2) Pengorganisasian pembelajaran, pembagian tugas dan tanggung jawab dilakukan oleh kepala sekolah sesuai kamampuan masing-masing individu dan terkadang dilakukan rolling; 3) Pelaksanaan pembelajaran, proses pembelajaran dibuat fleksibel dan menyenangkan, pembelajaran dilakukan di kelas atau juga terkadang di luar kelas sesuai dengan tema belajar; 4) Penilaian pembelajaran, dilakukan setiap awal bulan. Sementara itu, penilaian pembelajaran peserta didik yaitu dengan paper party setiap selesai dan juga paper project party Kedua, kegiatan manajemen pembelajaran berbasis sekolah alam yang dikelola dengan baik dapat membentuk karakter peserta didik di SD Jogja Green School diantaranya religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Ketiga, faktor pendukung antara lain pembelajaran yang dipercayakan sepenuhnya kepada kepala sekolah masingmasing jenjang, dukungan dari keluarga dan masyarakat, serta lingkungan yang mendukung penanaman pendidikan karakter. Faktor penghambat antara lain menyamakan perbedaan pendapat, kelas yang terkadang kurang kondusif, perbedaan pendidikan karakter yang diterapkan di rumah dan di sekolah, adanya siswa pindahan, serta keterbatasan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Irwanto M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Sekolah Alam, Karakter Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2024 11:55
Last Modified: 17 Sep 2024 11:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum