PENGARUH METODE MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH MATERI TRANSAKSI JUAL BELI SISWA KELAS X MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024

Laelatul Fahriyati, NIM.: 20104010029 (2024) PENGARUH METODE MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH MATERI TRANSAKSI JUAL BELI SISWA KELAS X MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH MATERI TRANSAKSI JUAL BELI SISWA KELAS X MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024)
20104010029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH MATERI TRANSAKSI JUAL BELI SISWA KELAS X MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024)
20104010029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X di MAN 3 Bantul terutama pada mata pelajaran Fikih. Subjek penelitian pada kelas eksperimen di kelas X C berjumlah 33 peserta didik dan kelas kontrol di X B sebanyak 32 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh metode pembelajaran Market Place Activity pada mata pelajaran Fikih materi jual beli terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MAN 3 Bantul dibandingkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang dipakai yaitu quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, pretest dan posttest, serta dokumentasi. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis data statistik yaitu uji Independent Sample T-Test dan uji N-Gain dengan menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS 21 yang bertaraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif metode pembelajaran Market Place Activity pada materi Fikih jual beli terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MAN 3 Bantul. Proses pembelajaran Market Place Activity pada materi Fikih jual beli dilaksanakan berdasarkan sintak yang sudah ditentukan dan menjadikan peserta didik lebih aktif dalam belajar, meningkatkan interaksi antara pendidik dengan peserta didik serta antar peserta didik, melatih keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, daya ingat, dan minat belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari output uji paired sample t-test yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,005 maka terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh metode Market Place Activity terhadap peningkatan hasil belajar Fikih. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif metode Market Place Activity pada materi jual beli terhadap hasil belajar Fikih siswa kelas X MAN 3 Bantul dapat diterima. Besarnya pengaruh penerapan metode Market Place Activity pada materi jual beli terhadap hasil belajar Fikih siswa kelas X MAN 3 Bantul ialah sebesar 0,6006. Berdasarkan kategori N-Gain score nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan nilai N-Gain score persen sebesar 60,06 termasuk ke dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Market Place Activity (MPA), Hasil Belajar, Fikih Jual Beli
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2024 14:35
Last Modified: 17 Sep 2024 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67039

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum