Fahriza Indah Nur’aini, NIM.: 20104010017 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS SPATIAL.IO DI KELAS VIII MTS NEGERI 9 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS SPATIAL.IO DI KELAS VIII MTS NEGERI 9 SLEMAN)
20104010017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS SPATIAL.IO DI KELAS VIII MTS NEGERI 9 SLEMAN)
20104010017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi digital oleh guru sejarah kebudayaan Islam dalam proses pembelajaran masih belum maksimal. Hal tersebut membawa dampak pada pembelajaran yang kurang variatif dan cenderung monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk dan mengetahui proses pengembangan produk media pembelajaran sejarah kebudayaan Islam berbasis Spatial.io di di kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman dengan materi Daulah Ayyubiyah melalui tahapan pengembangan ADDIE. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan produk media pembejaran sejarah kebudayaan Islam berbasis Spatial.io. Tahapan pengembangan yang dilalui antara lain: 1) Analysis (analisis kebutuhan dan kurikulum). 2) Design (pembuatan sketsa awal produk). 3) Development (pembuatan dan pengumpulan komponen konten melalui Canva, Sketchfab, Google Form, Padlet, Youtube, Quizizz serta penilaian produk oleh ahli dengan perolehan nilai persentase keseluruhan dari ahli materi sebesar 89,58% dan ahli media sebesar 90%). 4) Implementation (uji coba dengan melibatkan 30 peserta didik kelas VIII D dan guru pengampu mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam). 5) Evaluation (penilaian persepsi (respon peserta didik dan sikap peserta didik serta penilaian pendidik). Respon peserta didik mendapatkan skor rata-rata total 15,63 dari skor maksimal 17, berkategori sangat baik dengan persentase keidealannya 92% dan sikap peserta didik menunjukkan antusiasme yang sangat baik. Penilaian pendidik memperoleh skor total 105 dari skor maksimal 112 dengan persentase sebesar 93,75%). Berdasarkan seluruh proses pengembangan serta penyempurnaan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa produk akhir media pembelajaran sejarah kebudayaan Islam berbasis Spatial.io layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. H. Rofik, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran Digital, Spatial.io, Sejarah Kebudayaan Islam. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 14:26 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 14:26 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67040 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |