Fatma Nurhayati, NIM.: 20104010043 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024)
20104010043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024)
20104010043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP, yang mana kondisi saat ini masih banyak hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM. Sebagai pendidik, guru dituntut untuk bisa meningkatkan hasil belajar siswanya yang mana salah satu caranya dengan memilih model pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar PAIBP siswa dan menganalisis besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain pretest and posttest with nonequivalent control group design. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Banguntapan tahun ajaran 2023/ 2024 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji statistik nonparametrik mann whitney u test dan perhitungan indeks gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar PAIBP siswa (U = 387,500; dengan P = 0,038; P < 0,05). Hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol, dimana selisih peningkatan rata-rata 5,85. (2) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar adalah g = 0,043 dan termasuk kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Kooperatif, TGT, Hasil Belajar, PAIBP |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 14:44 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 14:44 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67042 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |