Muhammad Khoirul Ulum, NIM.: 20104010081 (2024) KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMAN 1 PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024-2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMAN 1 PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024-2025)
20104010081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMAN 1 PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024-2025)
20104010081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah meskipun Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam pembentukan akhlak siswa melalui keteladanan, masalahnya adalah masih rendahnya akhlak siswa dan masih terdapat tantangan dalam mewujudkan perilaku akhlak mulia di kalangan siswa. Hal ini mendorong refleksi lebih lanjut mengenai bagaimana keteladan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat terus di optimalkan dalam upaya membentuk akhlak siswa. Maka dari itu, penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat menjadi teladan bagi siswanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengambil latar di SMA Negeri 1 Piyungan. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, waka kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan siswa. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan : (1) Bentuk keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Piyungan mencakup teladan yang diberikan langsung, pembimbingan dalam organisasi rohani keislaman, serta tanggung jawab atas program-program keagamaan sekolah seperti tadarus Al-Quran, sholat dhuha untuk siswa kelas XII, dan ceramah setelah sholat dhuhur berjamaah. Keteladanan ini berperan penting dalam penguatan akhlakul karimah siswa. (2) Strategi keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Piyungan dalam membentuk akhlakul karimah siswa meliputi penerapan tata tertib sekolah dan aturan khusus untuk menumbuhkan kedisiplinan. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) juga menggunakan metode ceramah yang dilengkapi dengan cerita inspiratif. Strategi tersebut menciptakan suasana belajar yang kondusif dan efektif dalam memperkuat akhlakul karimah siswa. (3) Peran keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Piyungan dalam memperkuat akhlakul karimah siswa didukung oleh lingkungan sekolah yang kondusif, program keagamaan yang relevan, dan kerja sama yang kuat antara guru serta pihak sekolah. Meskipun demikian, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menghadapi tantangan dari keberagaman karakter dan latar belakang siswa. Yang memerlukan pendekatan pengajaran yang sesuai agar nilai-nilai akhlakul karimah dapat diterapkan secara efektif oleh semua siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Prof. Dr. Eva latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Keteladanan guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 08:31 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 08:31 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67047 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |