AUTOPLAY MEDIA STUDIO DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XII SMA N 1 PIYUNGAN BANTUL: KELAYAKAN, KEPRAKTISAN, EFEKTIVITAS

Rossa Aswitasari, NIM.: 20104010091 (2024) AUTOPLAY MEDIA STUDIO DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XII SMA N 1 PIYUNGAN BANTUL: KELAYAKAN, KEPRAKTISAN, EFEKTIVITAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AUTOPLAY MEDIA STUDIO DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XII SMA N 1 PIYUNGAN BANTUL: KELAYAKAN, KEPRAKTISAN, EFEKTIVITAS)
20104010091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AUTOPLAY MEDIA STUDIO DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XII SMA N 1 PIYUNGAN BANTUL: KELAYAKAN, KEPRAKTISAN, EFEKTIVITAS)
20104010091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong diciptakannya berbagai inovasi di segala bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Disamping itu, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, dalam proses pembelajaran PAI, banyak ditemukan siswa yang kurang memiliki motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis autoplay media studio untuk kelas XII di SMA N 1 Piyungan. (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis autoplay media studio untuk kelas XII di SMA N 1 Piyungan. (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis autoplay media studio dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII di SMA N 1 Piyungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII dan guru PAI kelas XII SMA N 1 Piyungan Bantul, ahli media, dan ahli materi. Data diambil menggunakan angket dengan teknik analisis kuantitatif (persentase) dan kualitatif (komentar, kritik, saran, dan masukan). Media pembelajaran yang digunakan adalah autoplay media studio pada materi pelajaran PAI kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Hasil validasi ahli materi memperoleh hasil persentase 94% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli media memperoleh hasil persentase 96% dengan kategori sangat layak sehingga media pembelajaran dinilai sangat layak diterapkan. (2) Hasil uji coba skala kecil memperoleh hasil persentase 92,4% dengan kategori sangat praktis. Ujii coba skala besar memperoleh hasil persentase 83,03% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan guru memperoleh hasil persentase 93,7% dengan kategori sangat praktis sehingga media pembelajaran dinilai sangat praktis untuk digunakan. (3) Hasil uji efektivitas, media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi 84,6% dengan kategori motivasi belajar tinggi sehingga media pembelajaran dikatakan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Yuli Kuswandari, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Autoplay Media Studio, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Sep 2024 08:32
Last Modified: 18 Sep 2024 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67048

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum