PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI DENGAN ART PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII

Sania Nuril Arifa, NIM.: 20104040021 (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI DENGAN ART PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI DENGAN ART PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII)
20104040021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI DENGAN ART PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII)
20104040021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis proyek terintegrasi dengan art pada materi bangun ruang sisi datar untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar peserta didik kelas VIII. Selain itu, penelitian ini menghasilkan produk berupa LKPD berbasis proyek dengan menggunakan integrasi art yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII C di SMP Negeri 2 Muntilan. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, diantaranya lembar penilaian LKPD, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar respons peserta didik, lembar validasi tes kemampuan berpikir kreatif, lembar tes kemampuan berpikir kreatif, lembar validasi skala minat belajar serta lembar skala minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) LKPD berbasis proyek terintegrasi art dikembangkan melalui tahapan ADDIE. Selain itu pengembangan LKPD memperhatikan langkah pembelajaran berbasis proyek, indikator berpikir kreatif dan minat belajar, dimana LKPD berisikan aktivitas proyek sehingga dengan menyelesaikan aktivitas tersebut kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar peserta didik akan terfasilitasi. 2) LKPD dinyatakan valid berdasarkan rata-rata persentase kevalidan sebesar 85,19%. 3) LKPD dinyatakan praktis dengan persentase 81,9% yang disertai persentase rata-rata hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 80,45% serta persentase rata-rata hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 84,23%. 4) LKPD dinyatakan efektif berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif dan skala minat belajar, dimana diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata post-test kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen adalah 75,85 lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata nilai post-test kemampuan berpikir kreatif pada kelas kontrol, yaitu 68,62. Selain itu, rata-rata skor minat belajar pada kelas eksperimen adalah 49,6 juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata skor minat belajar pada kelas kontrol dengan rata-rata 38,28.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik. Kemampuan Berpikir Kreatif, Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Sep 2024 14:01
Last Modified: 18 Sep 2024 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67062

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum