PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS CIVIL SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL

Syifa Maharani Priharvian, NIM.: 20104040036 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS CIVIL SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS CIVIL SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL)
20104040036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS CIVIL SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL)
20104040036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berkonteks civil society terhadap kemampuan berpikir komputasional serta besar pengaruh model Problem Based Learning berkonteks civil society terhadap kemampuan berpikir komputasional. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa pembelajaran dengan model Problem Based Learning berkonteks civil society dan satu variabel terikat berupa kemampuan berpikir komputasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN 3 Bantul dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga kelas X D dan X F mewakili populasi penelitian. Kelas X D sebagai kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning berkonteks civil society. Kelas X F sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest dan posttest serta catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dan effect size. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 25 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif dan adanya efek sedang dari model Problem Based Learning berkonteks civil society terhadap kemampuan berpikir komputasional. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya perbedaan rata-rata pada nilai pretest kelas eksperimen dan kontrol serta rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen signifikan lebih besar dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Civil Society, Kemampuan Berpikir Komputasional
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Sep 2024 14:09
Last Modified: 18 Sep 2024 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67065

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum