PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA

Rachma Fadhila Usman, NIM.: 19102020042 (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA)
19102020042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA)
19102020042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Yogyakarta dikenal sebagai “Kota Pelajar” oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan prestasi belajar yang diperoleh siswa terus meningkat sehingga membuktikan bahwa Yogyakarta memiliki lingkungan belajar yang mendukung. Walaupun demikian bahwa peningkatan prestasi belajar di Yogyakarta nyatanya tidak menggambarkan prestasi belajar di Indonesia. Kesenjangan ini perlu lebih diperhatikan dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Variabel independen penelitian adalah layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar, dan motivasi berprestasi. Sedangkan, variabel dependen penelitian adalah prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Yogyakarta yang berjumlah 201 siswa. Adapun sampel dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui skala dan dokumentasi. Kemudian, dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan layanan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa. Sumbangan layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 93,7%. Sedangkan 6,3% lainnya berasal dari sumbangan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Belajar; Kemandirian Belajar; Motivasi Berprestasi; Prestasi Belajar
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 19 Sep 2024 09:19
Last Modified: 19 Sep 2024 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67098

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum