BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-LEADERSHIP SISWA KELAS XI MAN 3 BANTUL

Muhammad Abdi Arsyahya, NIM.: 20102020008 (2024) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-LEADERSHIP SISWA KELAS XI MAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-LEADERSHIP SISWA KELAS XI MAN 3 BANTUL)
20102020008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-LEADERSHIP SISWA KELAS XI MAN 3 BANTUL)
20102020008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Self-leadership adalah proses mempengaruhi diri sendiri untuk membangun pengarahan diri dan motivasi diri, terutama untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang penting. Dalam self-leadership ini melalui pengolahan pola pikir dan perasaan individu mampu untuk mempengaruhi diri mereka sendiri sehingga individu dapat mengikuti apa yang ada didalam diriya untuk mencapai suatu tujuan dan bertanggung jawab atas tujuannya. Jadi individu tidak menggantungkan orang lain untuk mengarahkan dirinya sendiri. Kemampuan individu untuk dapat mengarahkan dirinya sendiri tersebut terlihat sejak anak dapat mulai berpikir secara logis dan masuk akal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru BK, wakil kepala bagian kesiswaan dan lima siswa peserta bimbingan kelompok siswa kelas IX MAN 3 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-leadership siswa kelas XI MAN 3 Bantul. Penelian ini menggunakan pendekatan kualitatif field research yang analisis datanya dijelaskan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-leadership siswa kelas XI MAN 3 Bantul menunjukan bahwa tahap bimbingan kelompok terdapat empat tahap. Yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan (pelaksanaan) dan tahap pengakhiran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: group guidance; self-leadership; students of class IX
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Sep 2024 09:30
Last Modified: 19 Sep 2024 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67100

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum