FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA MI MA'ARIF BLENDANGAN NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN

Chaeruttbobibah R.S, NIM.: 01410778 (2007) FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA MI MA'ARIF BLENDANGAN NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDA Y AAN ISLAM (SKJ) PADA SISWA MI MA'ARIF BLENDANGAN NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN)
01410778_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDA Y AAN ISLAM (SKJ) PADA SISWA MI MA'ARIF BLENDANGAN NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN)
01410778_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan mengetahui faktor dominan yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran SKI serta usaha guru dalam meningkatkan prestasi belajar SKI siswa MI Ma'arif Blendangan Nogotirto Gamping SJeman. Hasil penebtian ini diharapkan akan dapat menjadi rujukan bagi guru Sejarah Kebudayaan Islam terutama dalam upaya meningkatkan prestasi belajar SKI yang tidak hanya terletak pada yang kurang termotivasi untuk mempelajari SKI, tetapi juga kepekaan guru dalam menangk:ap permasalahan yang mempengaruhi motivasi siswa sehingga prestasi belajamya cenderung lebih re.ndab .dari mM'J pe:fajaran lain yang termasuk dalam kurilrulum Pendidikan Agama [slam. Hal ini dikarenakan bertolak belakang dengan sifat dasar siswa usia Sekolah Dasar yang seharusnya masih menyukai dongeng atau cerita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MI Ma'arif Blendangan Nogotirto Gamping Steman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran ski di MI Ma'arif n Blendangan meliputi tahap pendahuluan, inti pembelajaran clan diakhii:i tlegan evaluasi. Permasalahan dalam prestasi belajar SKI antara lain: guru tetap mata pelajaran SKI yang kurang berkompeten karena tidak berlatar belakang pendidikan Sejarah, kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran SKI, keterbatasan waktu pembelajaran, belum adanya penyesuaian terhadap kurikulum baru, minimnya sumber buku pegangan guru dan siswa, serta kurangnya perhatian orang tua terhadap nilai m.ata pelajaran agama, khususnya SKI.Usaha dalam mengatasi permasalahan prestasi belajar SKI meliputi: menunjuk guru tetap mata pP.l:1j::ir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dra. Hj. Afiyah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Studi SKI, Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Sep 2024 08:47
Last Modified: 24 Sep 2024 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum